IMPLEMENTASI PENANAMAN ADAB ISLAMI DI PAUD AL-HUFFAZH PAYAKUMBUH

Amelia Gusni, Fitri (2022) IMPLEMENTASI PENANAMAN ADAB ISLAMI DI PAUD AL-HUFFAZH PAYAKUMBUH. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS DAHRIL SANDRA UMSB 2022 edit 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Islam berperan penting dalam menanaman adab. Masalah yang paling mendasar umat Islam saat ini adalah loss of adab (hilang adab). Solusi yang tepat untuk masalah tersebut adalah menanamkan adab islami sejak dini, melalui pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah. Pendidikan Sekolah untuk anak usia dini saat ini berkembang cukup pesat, terbukti dengan banyaknya sekolah-sekolah baru yang bernuansa Islami dengan konsep pendidikan yang berbeda-beda. PAUD Al-Huffazh Payakumbuh termasuk salah satu sekolah yang cukup terkenal dan merupakan PAUD percontohan yang ada di Payakumbuh, dengan memprioritaskan aspek penanaman adab kepada peserta didiknya, berpedoman al-Qur’an dan Hadits yang memiliki konsep pendidikan Islam, Adab sebelum Ilmu, Ilmu sebelum Amal, Iman sebelum Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus lapangan di PAUD Al- Huffazh Payakumbuh dengan pendekatan kualitatif deskriptif analisis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis tentang Perencanaan, Pelaksanaan dan Hasil Penanaman Adab Islami di PAUD Al-Huffazh Payakumbuh dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Perencanaan penanaman adab islami di PAUD Al-Huffazh Payakumbuh berupa pembekalan kitab al-Adabul Mufrad kepada Mu'adibah, penyusunan dan penyiapan perangkat pembelajaran, pembuatan tata tertib dan peraturan untuk menunjang penanaman adab Islami. Kedua, Pelaksanaan penanaman adab Islami di PAUD Al-Huffazh Payakumbuh adalah pembiasaan Adab kepada Allah SWT, Adab kepada Rasulullah, Adab membaca al- Qur’an, Adab bersalaman, Adab makan dan minum, Adab masuk kamar mandi, Adab terhadap mainan, Adab terhadap guru, Adab sebagai siswa, Adab terhadap teman, Adab masuk kelas, Adab membuka dan memakai sepatu dengan menggunakan metode a) keteladanan, b) reward dan punishment, c) berkisah atau siroh, d) mendidik dengan targhib dan tarhib, e) Pujian dan sanjungan. Ketiga, Hasil penanaman adab Islami di PAUD Al-Huffazh Payakumbuh, yaitu Adab bersalaman, Adab terhadap guru/Orangtua dan Adab masuk kelas/rumah, dibuktikan dengan skor empat dengan keterangan Berkembang Sangat Baik, kemudian adab makan dan minum, adab membuka dan memakai sepatu, adab terhadap mainan dan adab terhadap teman adalah Berkembang Sesuai Harapan dan adab masuk dan keluar kamar mandi memperoleh hasil yang belum maksimal. Kata Kunci: Implementasi, Penanaman Adab, Adab Islami

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penanaman Adab, Adab Islami
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:40
Last Modified: 24 Jul 2024 07:40
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item