UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ANAK DI SDN 08 SENTOSA KECAMATAN DUA KOTO KABUPATEN PASAMAN

Ishardi, Ishardi (2021) UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ANAK DI SDN 08 SENTOSA KECAMATAN DUA KOTO KABUPATEN PASAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS NIM (190600286108098) ISHARDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Orang tua atau ibu dan ayah memegang peranan yang penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak- anaknya. Peningkatan pendidikan agama Islam merupakan pencapaian anak yang berupa nilai atau angka setelah melalui proses belajar. Pentingnya meningkatkan pendidikan agama Islam pada anak yang sedang berkembang adalah karena menjadi fundamen dari pendidikan anak yang sangat menentukan bagi anak dimasa akan datang, baik di sekolah maupun di masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan membuat verifikasi/ kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data perlu dilakukan untuk dijamin tingkat validitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya orang tua dalam meningkatkan pendidikan agama Islam anak di SDN 08 Sentosa Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: orang tua yang selalu memberikan perhatian pada anaknya, terutama perhatian pada kegiatan belajar di rumah, membuat anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanya juga memiliki keinginan yang sama. Pengarahan orang tua terhadap anak dapat meningkatkan pendidikan agama Islam anak, sebab orang tua sebagai peletak dasar pendidikan bagi anak dalam keluarga yang selanjutnya akan menjadi dasar kepribadian anak dikemudian hari. Kedua: kedisiplinan anak untuk belajar di rumah dapat terwujud dengan adanya pengawasan orang tua. Anak bersemangat untuk mengerjakan tugas di rumah dan mengatasi kesulitan belajarnya dengan adanya pengawasan orang tua. Ketiga, keadaan tingkat pendidikan agama Islam anak dapat diketahui melalui serangkaian ujian, baik tes maupun non tes. Untuk mendukung pencapaian pendidikan agama Islam anak, maka peranan orang tua dapat memberikan dorongan kepada anak di rumah meliputi perhatian pada proses belajar, pemberian nasehat, pemberian hadiah, dan hukuman yang mendidik, dan menyediakan fasilitas belajar anak secara berkelanjutan. Kata Kunci: Upaya Orang Tua, Pendidikan Agama Islam, Anak

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya Orang Tua, Pendidikan Agama Islam, Anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:34
Last Modified: 25 Jul 2024 02:34
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item