UPAYA GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MTS S AL- FALAH PADANG

Syaiful, Adnan (2022) UPAYA GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MTS S AL- FALAH PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS SYAIFUL ADNAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MTsS Al-Falah Padang lebih memfokuskan pembelajaran tahfizh Al- Qur’an dengan menanamkan pentingnya menghapal Al-Qur’an oleh siswa. Hal ini terlihat dari hasil nilai yang diperoleh siswa dalam menghafal Al-Qur’an yang sangat memuaskan dan menggambarkan tingginya tingkat motivasi belajar mereka, dan prestasi-prestasi yang mereka raih khusus di bidang tahfizh Al-Qur’an telah mendapat posisi yang penting dan dipertimbangkan, hal ini terbukti setiap siswa mampu menghafal minimal 1 juz per semester ketika mereka menyelesaikan pendidikan di MTsS Al-Falah Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk usaha guru tahfizh dalam meningkatkan motivasi melalui metode tahfizh dalam pembelajaran tahfizh, melalui alat pembelajaran dalam pembelajaran tahfizh, pola interaksi kegiatan siswa dalam pembelajaran tahfizh, dan melalui penguatan hafalan dalam pembelajaran tahfizh. Penelitian ini mengunakan metode kualitaif deskriptif dengan sumber data yaitu kepala sekolah, koordinator tahfizh, guru pembimbing, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Upaya yang dilakukan guru tahfizh dalam memotivasi siswa melalui metode pembelajaran tahfizh Al- Qur’an yang digunakan bervariasi diantaranya yaitu metode wahdah, metode jama’ dan metode sima’i. (2) Upaya yang dilakukan guru tahfizh dalam memotivasi siswa melalui alat motivasi belajar dalam pembelajaran tahfizh dengan cara memberikan pujian, memberikan nilai tambah kepada peserta didik dan memberikan hadiah kecil yang bermanfaat bagi siswa. (3) Upaya yang dilakukan guru tahfizh dalam memotivasi siswa melalui penguatan hafalan dalam pembelajaran tahfizh dengan cara mengulang-ulang hafalan dengan takrir sendiri, takrir besama teman, takrir dalam shalat dan takrir kepada guru tahfizh. Kata Kunci: Guru Tahfizh, Motivasi, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru Tahfizh, Motivasi, Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:04
Last Modified: 26 Jul 2024 03:04
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2826

Actions (login required)

View Item View Item