Iin, Arianty (2022) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN KELUARGA TERHADAP AKHLAK SISWA DI SDN 15 MUARA PANAS KECAMATAN BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS IIN ARIANTY JILID OK pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Secara garis besar pendidikan di Indonesia dilakukan untuk mengubah seseorang dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak baik menjadi baik atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. Banyak aspek kehidupan yang menjadi pokok- pokok perubahan dalam dunia pendidikan namun yang paling utama adalah aspek akhlak. Karena seorang manusia dikatakan baik apabila memiliki akhlak yang baik, manusia yang baik bukan karena hartanya yang banyak bukan karena jabatannya yang tinggi akan tetapi manusia yang baik itu karena dia memiliki akhlak yang baik. Pendidikan agama Islam merupakan bagian yang tak terpisakan dari sistem pendidikan nasional dalam rangka mewujudkan mewujudkan pendidikan nasional khususunya membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional, dijelaskan tujuan pendidikan nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendidikan agama Islam disekolah terhadap akhlak peserta didik; (2) Pengaruh pendidikan agama Islam di keluarga terhadap akhlak peserta didik di SDN 15 Muara Panas; (3) Adakah pengaruh pendidikan agama Islam dilingkungan keluarga dan sekolah secara bersamaan terhadap akhlak peserta didik. Langkah pertama dalam melaksanakan penelitian menentukan metode penelitian apa yang akan diterapkan adalah hal yang penting. Pada dasarnya metode penelitian merupakan suatu cara yang dapat digunakan peneliti dalam melaksanakan penelitian. Strategi pemeriksaan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kooperatif dengan metodologi kuantitatif. Strategi kooperatif adalah teknik yang merencanakan untuk memahami hubungan sebab akibat dan dampak antar faktor melalui pengujian spekulasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data kualitatif yaitu pengambilan data secara langsung dengan penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV,V dan VI yang masih aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang berjumlah 84 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel dengan semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pendidikan agama Islam disekolah berpengaruh terhadap akhlak peserta didik; (2) Pendidikan agama Islam dikeluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap akhlak peserta didik; (3) Pendidikan agama Islam disekolah dan dalam keluarga bersama mempengaruhi akhlak peserta didik. Kata kunci: Pendidikan agama Islam di sekolah dan dalam keluarga, akhlak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan agama Islam di sekolah dan dalam keluarga, akhlak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:22 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:05 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2827 |
Actions (login required)
View Item |