Rahmatullah, Rahmatullah (2022) INTEGRASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN NILAI-NILAI AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 5 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
(20010125) Rahmatullah.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran Matematika idealnya tidak hanya sebatas proses transformasi pengetahuan dan keterampilan kepada siswa, akan tetapi lebih dari itu juga sebagai sarana menginternalisasikan nilai-nilai ke dalam diri siswa sehingga menjadi pribadi yang berkarakter religius. Untuk tujuan itu, maka bahan ajar Matematika perlu diintegrasikan dengan nilai-nilai akidah akhlak sehingga pada setiap topik Matematika yang dipelajari ada pesan-pesan religius yang ditanamkan ke dalam diri siswa yaitu berupa nilai-nilai akidah dan akhlak. Penelitian ini merupakan riset lapangan (field research) dengan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Bidang Kurikulum, serta guru mata pelajaran Matematika di MTsN 5 Kota Padang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sementara pengolahan data menempuh langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, integrasi Matematika dan akidah akhlak dalam memahami keesaan Allah dengan konsep barisan bilangan asli belum seluruh guru Matematika melaksanakannya. Sebab guru kesulitan menjelaskan kaitan antara konsep barisan bilangan asli dengan konsep keesaan Allah. Selama ini guru lebih cenderung menjelaskan materi Matematika secara murni tanpa melakukan integrasi dengan materi tentang keesaan Allah. Kedua, integrasi Matematika dan akidah akhlak dalam memahami eksistensi manusia di dunia dengan konsep geometri juga belum dilaksanakan oleh seluruh guru Matematika. Sebab guru belum terbiasa mengaitkan antara konsep geometri dengan eksistensi manusia di dunia. Ada kecenderungan guru hanya mengajarkan ilmu Matematika murni kepada siswa pada setiap proses pembelajaran tanpa menjelaskan keterkaitannya dengan eksistensi manusia di dunia. Ketiga, integrasi Matematika dan akidah akhlak dalam memahami sikap berserah diri kepada Allah SWT dengan konsep barisan bilangan pecahan juga belum seluruh guru Matematika melaksanakannya. Sebab guru kurang memiliki pengetahuan yang memadai tentang sikap berserah diri kepada Allah yang akan diintegrasikan dengan konsep barisan bilangan pecahan. Keempat, integrasi Matematika dan akidah akhlak dalam memahami konsep jujur, cermat dan sederhana melalui materi perkalian juga belum dilaksanakan oleh seluruh guru Matematika. Sebab guru kesulitan menjelaskan keterkaitan atau hubungan antara konsep perkalian dengan konsep jujur, cermat dan sederhana; dan kelima, integrasi Matematika dan akidah akhlak dalam memahami kesatuan umat manusia melalui konsep sistem persamaan linear juga belum dilaksanakan oleh guru mata pelajaran Matematika. Sebab guru terkendala cara mengintegrasikan konsep sistem persamaan linear tersebut dengan konsep jujur, cermat dan sederhana. Kata kunci: Integrasi, Pembelajaran Matematika, Nilai-Nilai Akidah Akhlak, Karakter Religius
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Pembelajaran Matematika, Nilai-Nilai Akidah Akhlak, Karakter Religius |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:54 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:18 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2829 |
Actions (login required)
View Item |