Fithidayati, Fithidayati (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH DI MASA COVID-19 (Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pesisir Selatan). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS FITHIDAYATI NIM.20010082 (21 MARET 2022).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Hasil belajar pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotor. Keberhasilan belajar juga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar diri siswa, seperti lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Salah satu alternatif dengan diterapkannya e-learning. Selain itu peranan orang tua mendidik anak dalam rumah tangga sangatlah penting dalam menumbuhkan kekuatan fisik, mental dan rohani mereka. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui; 1) Pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar bidang studi fiqih di masa covid-19 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pesisir Selatan; 2) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar bidang studi fiqih di masa covid-19 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pesisir Selatan; dan 3) Pengaruh model pembelajaran e- learning dan bimbingan orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar bidang studi fiqih di masa Covid-19 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat signifikansi pengaruh antar variable (dependen) dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pesisir Selatan yang berjumlah 703 orang dengan penetapan sampel melalui teknik random sampling dengan jumlah sampel 176 orang. Teknik pengumpulan data ialah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda, yaitu teknik untuk menguji bagaimana pengaruh variabel X (Variabel X1 (penerapan model pembelajaran e- learning), Variabel X2 (bimbingan orang tua), terhadap variabel Y (hasil belajar siswa khususnya bidang studi fiqih). Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran e-learning bidang studi fiqih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bidang studi fiqih (Y) di masa covid-19 pada MTsN 1 Pesisir Selatan, sebab penerapan model pembelajaran e-learning dan hasil belajar bidang studi fiqih (Y) di masa covid-19 memiliki hubungan linear; 2) Bimbingan orang tua yang berikan kepada anak dalam belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bidang studi fiqih di masa covid-19 pada MTsN 1 Pesisir Selatan, sebab bimbingan Orang Tua dalam belajar dan hasil belajar yang diperoleh siswa pada bidang studi fiqih memiliki hubungan linear; dan 3) Model pembelajaran e-learning dan bimbingan orang tua dalam belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bidang studi fiqih di masa Covid-19 pada MTsN 1 Pesisir Selatan, sebab penerapan model pembelajaran e-learning, bimbingan orang tua dalam belajar dan hasil belajar yang diperoleh siswa pada bidang studi fiqih memiliki hubungan yang linear. Kata Kunci: E-learning, Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 08:42 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:00 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2830 |
Actions (login required)
View Item |