Roswita, Azwar (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPS DALAM USAHA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (SMPN 4 PADANG). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis (20010127) Roswita Azwar.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pada proses pembelajaran peserta didik diharapkan mampu menguasai setiap materi yang telah disampaikan oleh guru. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi diperlukan suatu strategi pembelajaran yang menarik. Rumusan masalah adalah bagaimanakah implementasi strategi Mind Maps dalam usaha meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Padang?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi Mind Maps dalam usaha meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar peserta didik serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMPN 4 Padang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara kepada guru PAI, Kepala Sekolah, wakil Kepala, dan peserta didik, dan mengamati beberapa dokumen yang terkait penelitian. Teknik pengolahan data dengan menggunakan model Milles dan Hubergman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Impelementasi strategi Mind maps dalam usaha meningkatkan kreativitas peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Padang. Cara yang dilakukan agar peserta didik berkreativitas yaitu guru dan peserta didik membuat mind maps sesuai dengan teorinya, mengembangkan kreativitas peserta didik melalui mind maps, dan menerapkan mind maps sesuai dengan langkah-langkahnya. (2) Implementasi strategi Mind Maps dalam usaha meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Padang langkah yang dilakukan guru PAI SMPN 4 Kota Padang dalam usaha meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah melalui strategi. Adapun indikator-indikator peserta didik dikatakan berprestasi dalam pembelajaran setelah guru menerapkan strategi mind maps adalah: dapat menjelaskan, dapat mendefinisikan dengan lisan sendiri, dapat menguraikan, memberikan contoh, dapat mengklasifikasikan atau memilah-milah, dan dapat menyimpulkan. (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi Mind Maps dalam usaha meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Padang. faktor pendukung adalah peserta didik lebih cepat memahami materi ajar, peserta didik lebih bersemangat, guru selalu memotivasi peserta didik, peserta didik lebih aktif, kepala sekolah yang selalu mendukung dan menyediakan semua fasilitas untuk guru, dan waktu tercukupi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang masih belum memahami konsep penerapan strategi mind maps ini yang baik dan benar, kemudian kondisi fisik guru, dan sarana dan prasarana. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Mind Maps, Kreativitas, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Mind Maps, Kreativitas, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:09 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:21 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2831 |
Actions (login required)
View Item |