Rusmaida, Rusmaida (2022) PENGARUH SUPERVISI TEKNIK WORKSHOP TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN DI MTsN 6 SOLOK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis Rusmaida.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya guru memiliki kompetensi professional dan pedagogik yang baik. Salah satunya adalah guru PAI. Hal ini dikarenakan keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan ditentukan oleh kesiapan guru. Salah satu langkah taktis dalam mendukung kompetensi guru untuk menentukan dan menetapkan strategi pembelajaran adalah dengan melakukan supervisi. Supervisi dilakukan oleh kepala madrasah dengan teknik workshop. Hal ini memungkinkan guru dapat bekerja sama dan berdiskusi dalam menyelesaikan masalah secara terbuka dan tanpa ada perasaan takut dan cemas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi teknik workshop yang dilakukan kepala madrasah terhadap peningkatan kompetensi professional dan pedagogik guru PAI. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru PAI MTsN 6 Kota Solok sebanyak enam orang. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data menggunakan form observasi lingkungan madrasah dan angket yaitu angket supervisi terhadap kompetensi profesional guru, angket supervisi terhadap kompetensi pedagogik guru dan angkat peningkatan kompetensi guru. Analisis data terdiri dari analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi sederhana dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan kepala madrasah berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru. Pengaruh supervise terhadap kompetensi profesional guru PAI di MTsN 6 Kota Solok mempunyai nilai product moment sebesar 0,018 dengan tingkat korelasi sebesar 0,735 yang menunjukkan korelasi yang tinggi. Pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MTsN 6 Kota Solok mempunyai nilai product moment sebesar 0,011 dengan tingkat korelasi sebesar 0,791 yang menunjukkan korelasi yang tinggi. Selain itu, supervise teknik workshop kepala madrasah dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru secara bersama di MTsN 6 Kota Solok. Pengaruh ini diperlihatkan dari hasil uji ganda dengan nilai sebesar 0,016 < 0,05 yang menunjukkan hubungan antara variabel simultan dengan nilai korelasi sebesar 0,781 yang berarti hubungan antar variabel kuat. Kata Kunci:teknik workshop, supervisi, profesional, pedagogik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik workshop, supervisi, profesional, pedagogik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:22 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:22 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2832 |
Actions (login required)
View Item |