STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI PERSIAPAN SANTRI KULIAH KE UNIVERSITAS TIMUR TENGAH (Studi Di Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai Sungai Pua)

Sri, Marina (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI PERSIAPAN SANTRI KULIAH KE UNIVERSITAS TIMUR TENGAH (Studi Di Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai Sungai Pua). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS Sri Marina.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisa tentang strategi pembelajaran kitab kuning sebagai persiapan santri kuliah ke Universitas Timur Tengah di Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai Sungai Pua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai Sungai Pua, dan kaitannya dengan keberhasilan lulusannya untuk kuliah di Universitas Timur Tengah tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan intrumen pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, terhadap sumber data primer dan sekunder. Kemudian data yang sudah terkumpul diolah dengan model analisis kualitatif. Dengan hasil penelitian bahwa Pertama, Program pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai Sungai Pua adalah program penambahan satu tahun untuk awal tingkat Aliyahnya (kelas X.A) dan program Tutor. Kedua, metode pembelajaran kitab kuning yang diterapkan adalah metode sorogan yang dimodifikasi dengan metode diskusi. Ketiga, strategi pembelajaran yang diterapkan adalah di dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) pagi, dalam Program Tutor dan dengan sistim evaluasi yaitu menambahkan bentuk Ujian Komprehensif di setiap evaluasi tengah semester (UTS) dan akhir semester (UAS), serta pembuatan karya ilmiah sebagai Tugas Akhir (TA). Keempat, tingkat keberhasilan pembelajaran kitab kuning tersebut cukup signifikan, dibuktikan dengan diraihnya berbagai prestasi dalam berbagai perlombaan yang berbasis kitab kuning, dan juga banyaknya tamatan kelas XII disetiap tahunnya bisa diterima kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Kelima, tidak ada upaya khusus yang dilakukan dalam pembelajaran kitab kuning untuk mempersiapkan santrinya agar bisa lulus tes seleksi ujian masuk Universitas Al- Azhar Kairo. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Kitab Kuning

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Kitab Kuning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:41
Last Modified: 28 Aug 2024 02:23
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item