DAMPAK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA ONLINE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SANTRI DI MTSs YMPI KOTO TANGAH SIMALANGGANG

Elni, Desriwita (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA ONLINE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SANTRI DI MTSs YMPI KOTO TANGAH SIMALANGGANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
FILE LENGKAP SKRIPSI ELNI DESRIWITA.pdf

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi untuk menganalisis dampak pembelajaran yang berlansung secara online khususnya pada pembelajaran bahasa Arab terhadap keterampilan berbicara. Permasalahan yang peneliti teliti adalah Dampak pembelajaran secara online khusus pada bahasa Arab kelas VII tentang materi ta’aruf dalam keterampilan berbicara, tingkat kemampuan berbicara peserta didik dan Faktor pendukung dan penghambatan dalam pembelajaran bahasa Arab secara online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. penelitiannya dilakukan kepada 4 orang informan yang terdiri dari kepala Madrasah, Waka kurikulum, Waka siswa dan guru mata pelajaran bahasa Arab di MTsS YMPI Koto Tangah Simalanggang payakumbuh Sumatera Barat. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui analisis kualitatif yaitu seleksi data, klasifikasi data dan interprestasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: Pertama, Pembelajaran secara online sangat berpengaruh terhadap kemampuan maharah kalam santri, jangankan secara online yang membuat santri sangat kurang faham, dengan tatap mukapun para santri sudah merasa takut dengan bahasa asing bahkan rasa takut salah sangat menghantui mereka dalam pelafalan kalimat. Kedua, Penguasaan bahasa Arab serta metode yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar santri. Seharusnya pendidik selalu menggunakan bahasa Arab aktif dalam proses pembelajaran. sehingga bisa mencapai peningkatan yang dimaksud, walaupun santri belum bisa lansung faham dengan kalimat-kalimat yang dituturkan pendidik akan menjadi biasa bagi santri dan akan ada rasa ingin tahu serta menarik minat untuk belajar berbahasa Arab. Ketiga, Minimnya faktor pendukung akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kemampuan santri dalam berbicara dengan berbahasa Arab. Apalagi Pembelajaran secara online yang membuat santri kurang faham, dengan tatap mukapun para peserta didik sudah merasa takut dengan bahasa asing bahkan rasa takut salah sangat menghantui mereka dalam pelafalan kalimat. Kata kunci: Bahasa Arab, Santri, Pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Santri, Pembelajaran online.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:46
Last Modified: 28 Aug 2024 01:55
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item