Yuni, Herdi (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI MIN 5 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS LENGKAP YUNI HERDI 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam menginternalisasikan nilai pendidikan karakter pada suatu lembaga pendidikan formal yang dilaksanakan secara sistematis serta terstruktur. Memiliki keterpaduan maupun kesinambungan dalam melaksanakan pendidikan karakter, selain memperoleh dukungan dari keluarga maupun tinjauan dari masyarakat. MIN 5 Kota Padang dijadikan sebagai model dalam menginternalisasikan pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data dilakukan melalui proses observasi serta wawancara yang ditujukan kepada guru-guru dan kepala di MIN 5 Kota Padang serta dengan mengamati berbagai dokumen yang berkaitan dengan peneltian. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu model Milles dan Hubergman. Hasil penelitian bahwa kepala sekolah : (1) Dalam merencanakan pendidikan karakter mencakup beberapa unsur antara lain guru, siswa serta komite dan orang tua. Hasil yang diperoleh perencanaan internalisasi pendidikan karakter di MIN 5 Kota Padang melalui perencanaan dalam kegiatan pembelajaran, karakter menjadi budaya madrasah serta memuatkan pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler. (2) Nilai-nilai karakter di madrasah ini diaplikasikan melalui kegiatan pembelajaran serta budaya madrasah. Hasil yang diperoleh guru selalu memuatkan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas serta dalam kegiatan harian lainnya. (3) Kepala sekolah dengan guru dan komite sekolah melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan internalisasi karakter di MIN 5 Kota Padang dengan cara menetapkan indikator pencapaian internalisasi karakter. Hasil yang diperoleh adanya kerja sama antara kepala sekolah, komite, serta orang tua selalu berdampingan dalam membentuk karakter siswa. Tujuan pendidikan karakter sebenarnya bagaimana anak berprilaku sesuai dengan tuntunan alquran dan hadis. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Internalisasi Karakter, Budaya sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Internalisasi Karakter, Budaya sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:58 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:26 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2837 |
Actions (login required)
View Item |