PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

Rita, Susanti (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
(20010031) Rita Susanti.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan peserta didik yang berdampak negatif terhadap akhlak mereka. Salah satu sekolah yang merasakan dampak negatif media sosial adalah SMP Negeri 4 Pasaman. Maka dibutuhkan suatu usaha untuk mengatasi hal tersebut, yaitu bagaimana peran guru PAI dalam mengatasi dampak negatif media sosial terhadap akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media sosial oleh peserta didik, mendeskripsikan dampak negatif media sosial terhadap akhlak peserta didik, langkah-langkah yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi dampak negatif tersebut, serta mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam mengatasi dampak negatif media sosial terhadap akhlak peserta didik di SMP Negeri 4 Pasaman. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan prosedur analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan empat simpulan pokok, yaitu: pertama, sebagian besar peserta didik menggunakan media sosial tanpa pengawasan orang tua yang berdampak tidak baik terhadap akhlak mereka. Kedua, dampak negatif media sosial terhadap akhlak peserta didik di antaranya hilangnya rasa malu, hilangnya sopan dan santun, menurunnya motivasi belajar, kurangnya kepedulian terhadap pelaksanaan ibadah, menggunakan uang dengan sia-sia, terjadinya pergaulan tidak baik dengan lawan jenis, saling mengirim foto dan video yang tidak pantas dengan mudah, bahkan mengunggahnya di media sosial. Ketiga, guru PAI sudah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi dampak negatif media sosial terhadap akhlak peserta didik yang didukung oleh aturan tertulis dari pihak sekolah. Keempat, upaya yang dilakukan oleh guru PAI tidak berjalan mulus, karena kurangnya kepedulian orang tua dan lingkungan sekitar. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Media Sosial, Akhlak

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Media Sosial, Akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:02
Last Modified: 28 Aug 2024 02:20
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item