UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS III PONDOK PESANTREN NURUL YAQIN AMBUNG KAPUR KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bulkaini, Bulkaini (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS III PONDOK PESANTREN NURUL YAQIN AMBUNG KAPUR KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
THESIS BULKAINI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pembelajaran membaca kitab kuning. Terdapat beberapa kendala dalam melaksanakan proses pembelajaran, diantaranya ketertarikan santri dalam proses pembelajaran belum muncul sehingga berakibat pada kemampuan yang rendah. Santri belum terlibat secara aktif dalam pembelajaran, santri cenderung hanya menunggu materi yang disampaikan oleh guru/ustadz tanpa adanya inisiatif untuk mencari dan menggali sendiri informasi secara mandiri sebelum materi tersebut disajikan. Selain faktor dalam diri santri, faktor guru/ ustadz juga berperan penting atas kurangnya kemampuan santri dalam membaca kitab kuning pada proses pembelajaran berlangsung. Guru belum menerapkan model-model pembelajaran yang baru sehingga tidak mendorong santri untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, hal tersebut dapat dilihat dari persentase kemapuan santri yang dilihat dari masing masing kemampuan masih sangat rendah dan rata-rata di bawah 40%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mendapatkan informasi, dan membahas tentang kemampuan membaca kitab kuning kelas control dan kelas eksperimen sebelum dan setelah dilakukan perlakuan. Selain itu untuk melihat peningkatan kemampuan membaca kitab kuning dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ambung Kapur Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman. Subjek dalam penelitian ini adalah santri di kelas III pondok pesantren Nurul Yaqin Ambung Kapur Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 52 orang. Sampel pada penelitian ini adalah santri kelas III3&4 yang masing-masing berjumlah 26 santri. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan membaca kitab kuning santri meningkat. Hal tersebut dilihat dari rata-rata hasil post-test yaitu dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebesar 78,65 dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 70, sedangkan dengan penggunaan metode konvensional diperoleh rata-rata sebesar 74,58 dengan nilai tertinggi 82 dan nilai terendah 66. Hasil tes pada kelompok eksperikmen mengalami peningkatan sebesar 11,53, yakni dari tes awal 67,12 mengalami peningkatan menjadi 78,65. Peningkatan kemampuan membaca kitab kuning terjadi dikarenakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Kata Kunci: Hasil Belajar Santri, Kitab Kuning, Talking Stick

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Santri, Kitab Kuning, Talking Stick
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:28
Last Modified: 28 Aug 2024 02:30
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item