Rizen, Rizen (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MASA PANDEMI COVID 19 DI PONDOK PESANTREN NURUL YAQIN AMBUNG KAPUR KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
THESIS RIZEN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi Covid-19. Covid-19 telah berdampak terhadap pendidikan di Indonesia. Di masa pandemi Covid-19 saat ini, berbagai sekolah dipaksa untuk melakukan pembelajaran dengan mematuhi protocol kesehatan dan ada juga menggunakan jarak jauh dengan model daring sebagai bentuk upaya untuk melakukan inovasi pembelajaran. Sehingga diperlukan suatu usaha untuk mengelaborasi lebih jauh mengenai inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Manajemen maupun Inovasi pembelajaran di masa Covid-19 sangat penting dilakukan. Selain itu, Secara lebih spesifik, pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini memerlukan perlakuan khusus karena sistem pembelajaran yang diterapkan harus mampu berjalan efektif agar tujuan dari pendidikan tersebut tercapai. Selain itu fokus penelitian ini yaitu masalah Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Ponpes Nurul Yaqin Ambung Kapur di masa pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau disebut juga (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lembaga Podok pesantren nurul yaqin Ambung Kapur untuk memberikan gambaran yang lengkap tentang suatu keadaan. Sedangkan metode yang digunakan disini adalah deskriptif yaitu menuturkan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan , variable dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Pembelajaran Akidah Akhlaq di Ponpes Nurul Yaqin Ambung Kapur mencakup program tahunan, program semester, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlaq terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi, 3) Penilaian yang dilakukan guru Akidah Akhlaq dalam membentuk kepribadian terpuji di Ponpes Nurul Yaqin Ambung Kapur meliputi tiga aspek, yaitu: Kognitif , afektif, dan psikomotorik, 4) Terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dilihat dari Pengelolaan santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ambung Kapur dalam mengatur santri dengan menggunakan tata tertib. Kata Kunci: Manajemen, Akidah Akhlak, Pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Akidah Akhlak, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:38 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:49 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2848 |
Actions (login required)
View Item |