Afwanil, Husni (2021) MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH NAILUL HUSNIYAH. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS AFWANIL HUSNI.pdf Download (51MB) |
Abstract
ABSTRAK Kurikulum darurat Covid-19, Kementerian Agama telah mengeluarkan panduan Kurikulum darurat melaJui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Pemerintah juga telah membuat keputusan bersama bahwa daerah zona hijau dibolehkan untuk tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan tetap memperhatikan protoko] kesehatan. Artinya setiap sekolah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kondisi daerah dan sekolahnya masing-masing. Oalam hal ini, seluruh elemen sekolah terlibat dalam penyesuaian kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) perencanaan pembelajaran PAl di masa pandemi COVIO-) 9; 2) proses pembelajaran PAl di masa pandemi COVlD-19; 3) evaluasi pembelajaran PAl di masa pandemi COVTD-19; 4) problematika yang yang dihadapi oleh guru dalam manajernen kelas pad a masa covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjck yang akan diteliti adalah guru PAl pada MTs Nailul Husniyah di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Pada penelitian ini yang bertindak sebagai infonnan awal adalah guru PAL lnstrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru secara manajemen kelas pada pembelajaran PAl di MTs S Nailul Husniyah telah melakukan berbagai upaya melalui perencanaan pernbelajaran, pemilihan media dan metode pembelajaran yang tepat dengan materi, pengelo1aan interaksi kelas, pengaturan waktu selama proses pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu materi esensial, pengaturan Iingkungan fisik kelas berpedoman pada aturan pembelajaran di masa pandemi, dan melakukan evaluasi pembeJajaran. Namun demikian, guru menghadapi beberapa kendala dalam manajemen kelas di masa pandemi diantaranya dalam penyusunan RPP, yaitu penyusunan indikator pencapaian kompetensi dan penentuan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Masalah lain yang dihadapi oleh guru adalah kelemahan dalam mengkondisikan kelas agar siswa disiplin dan teratur dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : Manajemen kelas, Pandemi Covid-19, Pembelajaran PAl
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kelas, Pandemi Covid-19, Pembelajaran PAl |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:49 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:27 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2849 |
Actions (login required)
View Item |