IMPLEMENTASI METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL QUR’AN DI TK ISLAM BAKTI 53 TANJUNG HARAPAN KECAMATAN KOTO SALAK KABUPATEN DHARMASRAYA

Nofrianti, Nofrianti (2022) IMPLEMENTASI METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL QUR’AN DI TK ISLAM BAKTI 53 TANJUNG HARAPAN KECAMATAN KOTO SALAK KABUPATEN DHARMASRAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Tesis Buk Nop Jadi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Program Baca Tulis Al Qur’an atau sering disingkat BTQ, pada masa milineal seperti ini sangatlah diperlukan, apalagi untuk anak usia dini. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh lembaga-lembaga penelitian menyebutkan hasil yang memprihatinkan, semakin tahun bukan semakin maju dan berkembang tapi justru makin terpuruk kemampuan Baca Tulis Al Qur’an anak di usia dini. Padahal mereka adalah generasi emas penerus agama islam sekaligus penerus bangsa. Dari fenomena tersebut, penulis ingin mengangkat kasus ini melalui tesis dengan judul Implementasi Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Qur’an Di TK Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Berdasarkan Gambaran kejadian di atas, fokus dari penelitian ini diarahkan untuk mengetahui perencanaan dari Implementasi Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Qur’an, pelaksanaan dari Implementasi Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Qur’an, dan Evaluasi dari Implementasi Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Qur’an Di TK Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan untuk keabsahan datanya adalah melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil peneltian menunjukkan bahwasanya implementasi metode Iqro’ dilakukan dengan guru sebagai pembimbing dalam perencanaannya, siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan BTQ-nya, yaitu kelompok belum bisa membaca, kelompok yang sudah bisa membaca tapi belum lancar dan kelompok yang sudah lancar membacanya. Pelaksanaan Metode Iqra’ dikatagorikan berhasil, terlihat dari siswa yang sebelumnya sama sekali bisa baca tulis Al Qur’an menjadi bisa, siswa yang sudah bisa baca tulis Al Qur’an tapi belum lancar setelah mengikuti BTQ menjadi lancar dan siswa yang sebelumnya sudah lancar, menjadi mahir dalam membaca Al Qur’an. Dalam pelaksanaan evaluasi berlangsung sesuai prosedur dan prinsip-prinsip yang digunakan antara lain terus-menerus, keseluruhan, objektif, LCTB dan M3. Hasil evaluasi yang dilaksanakan di TK Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya sudah baik yang diperngaruhi oleh 3 faktor utama yaitu guru, siswa dan Teknik Pembelajarannya. Kata kunci: Implementasi, Metode Iqro’, Membaca dan Menulis, Al Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Iqro’, Membaca dan Menulis, Al Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:57
Last Modified: 28 Aug 2024 02:15
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item