STRATEGI MENANAMKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMPN 1 SAWAHLUNTO

Walmonedi, Walmonedi (2022) STRATEGI MENANAMKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMPN 1 SAWAHLUNTO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS WALMONEDI FULL ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai perbedaan yang terdapat pada masyarakat. Pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menerapkan konsep multikultural dan moderasi beragama yang tidak membeda-bedakan siswa berdasarkan perbedaan. Penerapan pendidikan multikultural dan moderasi beragama sudah diterapkan di SMPN 1 Kota Sawahlunto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis bagaimana strategi yang dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai multikultural dan moderasi beragama di SMPN 1 Kota Sawahlunto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data terdiri dari data primer, yaitu guru, kepala sekolah, wakil kurikulum, dan beberapa peserta didik yang beragama muslim dan nonmuslim dan data sekunder berupa profil sekolah, arsip atau dokumen resmi mengenai proses pembelajaran dan dokumentasi yang berhubungan dengan proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah terkait program pendidikan multikultural dan moderasi beragama. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data diantaranya, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing atau verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pendidikan multicultural di SMPN 1 Kota Sawahlunto sebenarnya sudah diterapkan sejak pertengahan sekolah ini berdiri. Implementasinya dilakukan oleh seluruh warga sekolah tanpa memandang perbedaan yang ada. Terutama guru sebagai ujung tombak ketercapaian program pendidikan yang dijalankan.1) proses pembelajaran dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai multicultural ke dalam materi pelajaran, 2) melalui keteladanan yang dilakukan oleh guru baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, dan 3) pembiasaan yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan warga sekolah dengan tetap memperhatikan keragaman. Sedangkan, strategi yang dilakukan SMPN 1 Kota Sawahlunto dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama juga dilakukan dengan mengintegrasikan dan mengaplikasikan nilai-nilai Agama dalam kurikulum sekolah, baik dalam program intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler.dan pembiasaan. Kata Kunci:Pendidikan multikultural, moderasi beragama, strategi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural, moderasi beragama, strategi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:20
Last Modified: 28 Aug 2024 02:25
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item