Tisnelly, Tisnelly (2020) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I PASAMAN BARAT PASCA SERTIFIKASI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
tesis Tisnelly Ok.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru pendidikan agama Islam pasca sertifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat pasca sertifikasi, (2) kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat pasca sertifikasi, (3) kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat pasca sertifikasi, (4) kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat pasca sertifikasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mengambarkan tentang hasil penelitian sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan tentang Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Pasaman Barat Pasca Sertifikasi Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil menemukan (1) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat pasca sertifikasi belum terlalu menunjukkan peningkatan yang berarti. Seperti dalam memahami karakter peserta didik dari berbagai macam aspek; penerapan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif; pengembangan perangkat pembelajaran yang tidak jauh berbeda dari tahun ke-tahun serta dalam pemanfaatan TIK untuk kepentingan pembelajaran masih belum seperti yang diharapkan. (2) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat pasca sertifikasi belum terlalu menunjukkan peningkatan yang berarti. Seperti pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif belum terlihat dan kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK untuk kepentingan pengembangan diri juga tidak seperti yang diharapkan, guru-guru tersebut hanya memanfaatkan TIK seperlunya saja. (3) Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat pasca sertifikasi sudah seperti yang diharapkan. Seperti kemampuan guru dalam bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia; menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat; menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri serta berusaha menjunjung tinggi kode etik profesi guru. (4) Kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat pasca sertifikasi sudah seperti yang diharapkan. Seperti kemampuan guru dalam bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi; berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat; serta terlibat dalam organisasi kemasyarakatan dan juga organisasi yang ada disekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Kompetensi, PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:47 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:12 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2860 |
Actions (login required)
View Item |