Anum, Hayati (2020) PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DAN UPAYA GURU MENGATASINYA DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
tesis OK Anum Hayati.pdf Download (2MB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk upaya guru dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik dari perspektif Pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pasaman Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya perilaku menyimpang peserta didik seperti melanggar tata tertib madrasah, berkelahi, merusak sarana dan prasarana madrasah, berkata kasar, membangkang kepada guru, bolos saat jam pelajaran dan juga datang terlambat. Maka melalui penelitian ini ingin diketahui bagaimana bentuk upaya guru dalam mengatasi perilaku menyimpang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bentuk perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Pasaman Barat, (2) Faktor yang mendorong perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Pasaman Barat, (3) Upaya guru dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mengambarkan tentang hasil penelitian sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan tentang Upaya Guru Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Peserta Didik Dari Perspektif Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pasaman Barat. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru-guru, kepala Madrasah, wakil kepala Madrasah dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil menemukan (1) Bentuk perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Pasaman Barat termasuk kategori tindakan yang melanggar norma- norma sosial dan agama, seperti melanggar peraturan sekolah, kekerasan terhadap teman, merusak sarana-prasarana sekolah, dan membangkang terhadap nasehat guru. Sebagian kecil perilaku menyimpang yang dilakukan oleh peserta didik termasuk kategori penyimpangan yang menjurus pada tindakan kriminal, seperti mencuri, atau berkelahi yang setelah dilakukan pembinaan dan berkomunikasi dengan orang tua tidak menunjukkan perubahan. (2) Faktor-Faktor yang mendorong perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Pasaman Barat adalah faktor orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya, faktor lingkungan dan teman yang kurang baik, faktor yang ada dalam diri anak, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan faktor dari lingkungan madrasah. (3) Upaya guru dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di MTsN 1 Pasaman Barat adalah pendekatan pembinaan agama, pendekatan pembentukan kepribadian atau akhlak yang mulia, dan pendekatan pelaksanaan peraturan yang konsisten
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | norma sosial, perilaku menyimpang, perspektif islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:23 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:55 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2866 |
Actions (login required)
View Item |