Rika, Yulia Siska (2017) Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 19 Parit Lubang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
28. SKRIPSI RIKA YULIA S.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi peneliti di Kelas IV SD Negeri 19 Parit Lubang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Peneliti menemukan berbagai masalah seperti: kurang baiknya kompetensi profesiona gurul, terlihat dari guru menyampaikan materi pembelajaran, guru hanya fokus dengan materi yang ada dalam buku panduan saja sehingga guru tidak menguasai materi yang disampaikan, guru kurang memperhatikan peserta didik yang lemah dalam belajar, peserta didik tidak semangat dalam proses pembelajaran terlihat dari banyaknya peserta didik yang bercerita-cerita dengan temannya saat proses pembelajaran berlansung sehingga membuat banyaknya peserta didik yang belum tuntas dalam belajar, terlihat dari rata-rata nilai rapor semester satau. Berdasarkan fenomena di atas peneliti tertarik melakukan penelitian apa hubungan hubungan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 19 Parit Lubang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana kah gambaran kompetensi profesional guru kelas IV, Bagaimana kah gambaran hasil belajar peserta didik kelas IV dan Apakah terdapat hubungan kompetensi profesional dengan hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran kompetensi profesional guru kelas IV, untuk mengetahui gambaran hasil belajar dan untuk mengetahui hubungan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif, jenis korelasional yaitu menghubungkan antara dua variabel dengan menggunakan angka-angka. Kompetensi profesional guru variabel (X) dan hasil belajar merupakan variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 orang, penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh maka peneliti menganalisa data tersebut dengan rumus persentase dan korelasi. Hasil penelitian ini adalah Kompetensi profesional guru kelas IV, termasuk pada klasifikasi baik, dan Hasil belajar kelas IV termasuk klasifikasi tinggi. Setelah dilakukan uji korelasi dua ekor sehingga terdapat hasil r hitung . Maka r hitung ≥ dari r tabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) gambaran kompetensi profesional guru dikategorikan kepada klasifikasi baik, 2) hasil belajar kelas IV dikategorikan kepada klasifikasi tinggi dan 3) terdapat hubungan yang signifikan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar. Saran Peneliti setelah melakukan penelitian ini, agar kepala sekolah, guru dan orangtua dapat memberikan arahan, bimbingan, perhatian, motivasi, dan fasilitas belajar agar dapat mencapai tujuan pendidikan dan memperoleh serta dapat meningkatkan hasil beajar yang maksimal.
Actions (login required)
View Item |