Ernita, Ernita (2021) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGHAFAL ALQURAN BAGI PESERTA DIDIK DI MASA NEW NORMAL. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
(190600286108072) ERNITA.pdf Download (8MB) |
Abstract
Peneliti menemukan masalah pada praktik peran guru dan orang tua selama pembelajaran dalam jaringan (daring) bagi peserta didik. Berdasarkan pada kondisi tersebut, peran guru dan orang tua menjadi hal yang dibutuhkan peserta didik selama pembelajaran. Maka dari itu, penulis mengangkat penelitian kualitatif ini dengan judul ` Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Menghafal Alquran Saat Pandemi Covid-19 Di MTsN 2 Pasaman: Studi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik.` Rumusan masalah pada penelitian ini yakni mengetahui peran guru dan orang tua dalam pembelajaran menghafal Alquran saat pandemi covid-19 di MTsN 2 Pasaman melalui studi terhadap minat belajar peserta didik. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran guru dan orang tua dalam pembelajaran daring menghafal Alquran selama pandemi covid 19 terhadap peserta didik MTsN 2 Pasaman. Kemudian, penelitian ini juga menganalisis peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar agama Islam, khususnya menghafal Alquran terhadap peserta didik MTsN 2 Pasaman. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.. Penelitian deskriptif bertujuan untuk membuat hasil penelitian secara nyata, akurat, dan sistematis tentang rangkaian kejadian nyata dan karakteristik daerah dan masyarakat tertentu Teknik pengumpulan data menerapkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang terdiri dari teknik analisis data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peran orang tua peserta didik di MTsN 2 Pasaman Kecamatan Rao dapat ditentukan oleh tingkat pengetahuan, keberadaan orang tua, dan interaksi. Jadi, siswa yang memiliki orang tua dengan wawasan pengetahuan agama juga baik, dan berada lebih banyak di rumah, maka peran orang tua dapat diberikan secara utuh terhadap kegiatan belajar agama (menghafal Alquran),. Sebaliknya, siswa yang memiliki orang tua dengan wawasan pengetahuan atau keilmuan agamanya kurang, serta keberadaan orang tua lebih banyak di luar rumah (sibuk bekerja), maka peran terhadap kegiatan belajar agama (menghafal Alquran) anaknya juga terbatas, Para orang tua melakukan upaya yang bervariasi seperti memberikan motivasi, pesan, nasehat, sanksi (punishment) dan penghargaan (reward) kepada anaknya. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan minat belajar agama anaknya yang belajar di sekolah maupun di rumah. Oleh karena itu, orang tua telah melakukan perannya sebagai motivator, pendidik, penegak disiplin, serta pengatur atau pengontrol. Segenap peran tersebut dilakukan berbeda-beda setiap orang tua, tergantung tingkat pengetahuan dan dasar agama, serta intensitas pertemuan orang tua tua dan anak dalam berinteraksi selama di rumah. Kata Kunci: peran orang tua, peran guru, menghafal Alquran, covid 19, minat belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran orang tua, peran guru, menghafal Alquran, covid 19, minat belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:52 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:33 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2874 |
Actions (login required)
View Item |