PEMBELAJARAN FIQIH DAN AKTUALISASINYA DALAM PRAKTEK IBADAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) MASJID RAYA UJUNG GADING

Mihasni, Mihasni (2021) PEMBELAJARAN FIQIH DAN AKTUALISASINYA DALAM PRAKTEK IBADAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) MASJID RAYA UJUNG GADING. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
gab tesis-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan tesis ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran fiqih dan aktualisasinya dalam praktek ibadah siswa di MIS Masjid Raya Ujung Gading. Pembelajaran fiqih merupakan pembelajaran wajib di MIS Masjid Raya Ujung Gading. Dengan pembelajaran fiqih ini diharapkan siswa dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari- hari, khususnya dalam sholat berjamaah dan sholat dhuha. Adapun rumusan masalah dalam penelitian saya sebagai berikut a Bagaimana pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Masjid Raya Ujung Gading. Adapun yang menjadi tujuan penulisan tesis ini yaitu pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Masjid Raya Ujung Gading. Aktualisasi hasil pembelajaran fiqih dalam praktek ibadah peserta didik. Faktor pendukung dan penghambat aktualisasi fiqih dalam praktek ibadah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif ini digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik fenomena yang kadang kala merupakan sesuatu yang sulit untuk diketahui atau dipahami. Pendekatan ini diharapkan mampu memberikan penjelasan secara terperinci dan menyeluruh tentang fenomena yang menjadi focus penelitian penulis. Dalam rangka pencarian data, terlebih dahulu yang harus ditentukan adalah sumber data subjek darimana dapat diperoleh penelitiannya. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Masjid Raya Ujung Gading telah menunjukkan pembelajaran yang baik. 2) Aktualisasi hasil pembelajaran fiqih dalam praktek ibadah peserta didik menunjukkan anak telah mampu melaksanakan sholat dengan baik, bacaan dan gerakannya sudah benar. 3) Faktor pendukung dan penghambat aktualisasi fiqih dalam praktek ibadah. Factor pendukungnya tersedianya fasilitas yang memadai sehingga praktek ibadah terlaksana dengan baik. Sedangkan factor penghambatnya adalah kurangnya kontrol orang tua untuk mengajak anak melaksanakan sholat. Disamping itu adanya pandemic covid-19 membuat pembelajaran berjalan tidak maksimal. Kata Kunci: Fiqih, Aktualisasi, Praktek Ibadah, Kontrol Orang Tua

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fiqih, Aktualisasi, Praktek Ibadah, Kontrol Orang Tua
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:56
Last Modified: 28 Aug 2024 02:39
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item View Item