PERANAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (MGMP PAI) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SE KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Zarmis, Zarmis (2020) PERANAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (MGMP PAI) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SE KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI SMP) merupakan wadah untuk berbagi komunikasi, berbagi informasi dan saling berdiskusi dalam pembinaan sesama guru Pendidikan Agama Islam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi membuat dan merancang program MGMP PAI SMP dalam meningkatkan kompetensi pendidik yang dalam pembahasan tesis ini penulis memfokuskan kepada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMP di Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan kegiatan observasi, wawancara secara langsung dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus MGMP PAI SMP, guru Pendidikan Agama Islam, pengawas, koordinator mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah,. Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk menguji keabsahan data adalah teknik triangulasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi untuk merancang dan membuat program MGMP PAI SMP di Kabupaten Padang Pariaman saat ini telah terencana tetapi pelaksanaannya belum terealisasi sepenuhnya, disebabkan terhalang oleh jarak wilayah yang berjauhan, kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kwalitas diri, guru masih banyak yang gagap teknologi untuk menggunakan IT. Kedua, Permasalahan yang dihadapi guru berupa beban mengajar yang terlalu banyak, jadwal MGMP dijadikan untuk meliburkan diri atau untuk kegiatan lain, MGMP hanya sebagai ajang silaturrahmi, kondisi keanggotaan MGMP PAI SMP PNS semakin berkurang bahkan memprihatinkan sekali. Ketiga, tantangan bagi sekolah dan guru PAI, diantaranya sekolah dan guru belum semuanya siap untuk menerapkan inovasi pembelajaran. Maka hal ini bisa menjadi solusi untuk diterapkan oleh MGMP PAI SMP di Kabupaten Padang Pariaman. Kata kunci: MGMP PAI, Kompetensi Pendidik, SMP Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MGMP PAI, Kompetensi Pendidik, SMP Kabupaten Padang Pariaman
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:01
Last Modified: 28 Aug 2024 03:14
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2880

Actions (login required)

View Item View Item