PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE KETELADANAN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN PESERTA DIDIK TERHADAP KEWAJIABAN SHALAT FARDU DI KELAS III - VI SDN 12 ULAKAN TAPAKIS PADANG PARIAMAN

Mawarni, Mawarni (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE KETELADANAN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN PESERTA DIDIK TERHADAP KEWAJIABAN SHALAT FARDU DI KELAS III - VI SDN 12 ULAKAN TAPAKIS PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS MAWARNI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesadaran shalat siswa merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam melaksanakan shalat tanpa diperintah terlebih dahulu. Motivasi dari dalam diri membuat siswa mau melakukan shalat dengan penuh tanggung jawab yang seharusnya dilakukan di setiap awal waktu. Seorang guru sangat dituntut memiliki ketrampilan dalam menerapkan suatu metode dalam pembelajaran. Ketrampilan dan kecakapan guru dalam memilih dan menggunakan suatu metode akan memberi dampak yang baik terhadap keberhasilan belajar siswa. Metode demonstrasi dan metode keteladanan dilakukan oleh guru untuk memberikan pemahaman dan pendisiplinan serta menumbuhkan kesadarna pada diri siswa untuk selalu melakukan shalat setiap awal waktu tanpa disuruh dan diperintah terlebih dahulu. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonsyrasi dan metode keteladanan dalam menumbuhkan kesadaran shalat fardhu siswa SDN 12 Ulakan Tapakis maka peneliti mengadakan sebuah penelitian ilmiah di sebuah sekolah yaitu SDN 12 Ulakan Tapakis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan kesadaran shalat fardhu siswa SDN 12 Ulakan Tapakis. 2. Menganalisa proses pelaksanaan metode demonstrasi dan keteladanan di SDN 12 Ulakan Tapakis 3. Menganalisa bentuk penerapan metode demonstrasi dan metode keteladanan dalam meningkatkan kesadaran shalat fardhu siswa SDN 12 Ulakan Tapakis. Penelitian ini termasuk penelitian field reseach atau disebut juga penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,pengamatan dan dokumentasi, kemudian data yang telah terkumpul direduksi,kemudian disajikan lalu dilaporkan dalam bentuk tertulis. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dan pembahasan serta analsis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kesadaran shalat fardu di SDN 12 Ulakan Tapakis cukup baik dan berjalan sesuai harapan guru agama tanpa harus diperintah terlebih dahulu. Proses Pelaksanaan metode demonstrasi dan keteladanan berjalan dengan baik. Penerapan metode demonstrasi dan metode keteladanan berhasil menumbuhkan kesadaran shalat fardhu siswa SDN 12 Ulakan Tapakis. Kata Kunci: Penerapan Metode Demonstrasi, Metode Keteladanan dan Kesadaran Shalat Fardu

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Demonstrasi, Metode Keteladanan dan Kesadaran Shalat Fardu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:18
Last Modified: 28 Aug 2024 03:05
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2881

Actions (login required)

View Item View Item