Khadijah, Khadijah (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V SD N 15 TABING KECAMATAN BONJOL. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
KHADIJAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkap berapa besar pengaruh metode tanya jawab terhadap aktivitas dan hasil belajar PAI peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Tabing Kecamatan Bonjol. Penelitian ini mengemukakan empat hipotesis. Pertama, hasil belajar PAI peserta didik yang dibelajarkan dengan metode tanya jawab lebih tinggi dari hasil belajar PAI peserta didik yang dibelajarkan tanpa metode. Kedua, hasil belajar PAI peserta didik yang memiliki aktivitas belajar tinggi yang dibelajarkan dengan metode tanya jawab lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan tanpa metode. Ketiga, hasil belajar peserta didik yang mempunyai aktivitas belajar rendah yang dibelajarkan dengan metode tanya jawab lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang beraktivitas belajar rendah yang dibelajarkan tanpa metode. Keempat, tidak ada hubungan (interaksi) antara metode pembelajaran tanya jawab dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar PAI peserta didik. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Tabing Kecamatan Bonjol, sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas Va Sekolah Dasar Negeri 15 Tabing Kecamatan Bonjol yang dijadikan kelas eksperimen dengan jumlah 13 orang peserta didik dan kelas Vb sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 12 orang. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen dengan pola factorial 2x2. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen angket aktivitas belajar dan test hasil belajar. Kemudian data tersebut dianalisis dengan uji-t serta analisis variansi (ANAVA). Berdasarkan temuan tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar 15 Tabing Kec. Bonjol memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik. Hasil hipotesis pertama, diperoleh thitung (2,640) dan ttabel (2,306). Kedua, diperoleh thitung (6,767) dan ttabel (2,776). Ketiga, diperoleh thitung (2,900) dan ttabel (2,776) pada taraf signifikasi 0,05. Keempat, diperoleh fhitung < ftabel pada taraf signifikasi 0,05. Jadi antara metode pembelajaran dan aktivitas tidak berinteraksi dalam mempengaruhi hasil belajar. Oleh karena itu metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI perlu diimplementasikan secara intensif oleh guru sebagai salah satu cara memperbaiki hasil belajar peserta didik. Kata kunci: metode tanya jawab, aktivitas belajar, hasil belajar Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode tanya jawab, aktivitas belajar, hasil belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:45 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:37 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2884 |
Actions (login required)
View Item |