Yesi, Gusmayeni (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 26 TALAMAU PASAMAN BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi Yesi Gusmayeni asli.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian di latar belakangi berdasarkan observasi pada SD Negeri 26 Talamau .Bahwa pada saat proses pembelajaran masih berpusat pada guru, proses pembelajaran dengan metode ceramah cendrung menstranfer pengetahuan sehingga peserta didik hanya hafal pengetahuan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat pembelajaran tidak hanya transfer pengetahuan saja dan meningkatkan hasil belajar peserta didik Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Yang terdiri dari empat tahap :Tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi selama 2 siklus sebanyak 4 kali pertemuan. Subjek PTK ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 26 Talamau yang berjumlah 26 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA setelah diadakan tindakan kelas dengan model CTL. Hal itu dapat di tunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I mendapatkan nilai 62,2 % (C) dan meningkat pada siklus II sebanyak 76,4 % (B), penilaian RPP siklus I memperoleh nilai 71,2%(B) dan meningkat pada siklus II sebanyak 86,2 % (A). Dan pengamatan aspek guru pada siklus I memperoleh nilai 77,5(B) dan meningkat pada siklus II sebanyak 88,7(A) . Aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai 76,2 (B) dan meningkat pada siklus II sebanyak 90 (A). Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning
Actions (login required)
View Item |