PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 08 SINTUK TOBOH GADANG PADANG PARIAMAN

Andrizal, Ali (2020) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 08 SINTUK TOBOH GADANG PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS ANDRIZAL ALI_merged.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anggapan bahwa media PowerPoint tidak cocok diterapkan pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah bahkan cendrung membuat anak anak bosan dan tentunya berpengaruh pada daya serap dan minat belajar siswa. Sementara di sekolah-sekolah telah banyak mengunakan media PowerPoint ini , sebagai media penyampai materi pelajaran kepada para siswa. Bukan hanya pada mata pelajaran umum tetapi juga digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penggunaan media PowerPoint dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang disusun berdasarkan penelitian kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Instrumen yang digunakan selama pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan temuan analisis. Fokus penelitian ini adalah bagaimana menggunakan media PowerPoint dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman dan bagaimana membuat PowerPoint yang menarik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukan (1) Penggunaan media pembelajaran PowerPoint harus melakukan langkah langkah sebagai berikut : berpedoman pada tujuan pembelajara, berpedoman pada RPP, membuat file PowerPoint, menyiapkan slide, menggunakan efek animasi triger dan hyperlink serta menyelipkan gambar/video. (2) Motivasi belajar siswa meningkat saat menggunakan media PowerPoint dipengaruhi oleh faktor yang timbul dari luar dan dari dalam diri siswa. (3) Hasil belajar peserta didik dalam menggunakan media PowerPoint dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal peserta didik. Diantara faktor internal adalah kesehatan fisik dan mental peserta didik, faktor kecerdasan peserta didik. Sedangkan faktor eksternal adala pengelolaan ruangan kelas, sarana dan prasarana,dan lingkungan. PowerPoint yang menarik disamping mempersiapkan beberapa tahapan juga dibuat dengan tekhnik serta kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam Sd Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Power Point
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2024 09:03
Last Modified: 28 Aug 2024 02:53
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2906

Actions (login required)

View Item View Item