Ririn Okta, Reni (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 13 SUNGAI PISANG KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
All Skripsi Ririn_oktareni.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam menulis narasi, hal tersebut berkaitan dengan penggunaan model dalam pembelajaran menulis. Penggunaan model pembelajaran oleh guru kurang maksimal pada pembelajaran menulis karangan narasi. Guru menggunakan metode ceramah di kelas pembelajaran yang disajikan kurang menarik dan kurang bermakna. Sehingga siswa kesulitan mengembangkan ide gagasan dalam menulis karangan narasi.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, sebanyak 21 orang, guru kelas V, observer, dan peneliti. Penelitian dilakukan dua siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari pendahuluan, perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, dan dokumentasi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dimana hasil RPP siklus I dengan niali rata-rata 80% pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,5%. Hasil proses pembelajaran siklus I dari aspek guru mendapat kualifikasi B dengan persentase 85,41%. Meningkat menjadi 95,83% dengan kualifikasi (SB) pada siklus II. Hasil proses pembelajaran siklus I dari aspek siswa mendapat kualifikasi B dengan persentase 83,33%. Meningkat menjadi 93,75% dengan kualifikasi (SB) pada siklus II. Hasil penelitian pada pramenulis siklus I 4,76% dengan kriteria (K) meningkat menjadi 91,07% terlampir pada halaman 180 dengan kriteria (SB) pada siklus II. Hasil penelitian pada saat penulisan siklus I 4,42% dengan kriteria (K) meningkat menjadi 8,85% dengan kriteria (SB) pada siklus II. Hasil penelitian pada pascapenulisan siklus I 5,51% dengan kriteria (K) meningkat menjadi 88,89% dengan kriteria (SB) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model Examples Non Examples dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa di sekolah dasar. Kata Kunci : Menulis Narasi, Model Examples Non Examples
Actions (login required)
View Item |