PENGARUH PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

Nurul, Izza (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI NURUL IZZA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, dan pendapatan terhadap perilaku keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 231 responden dengan menggunakan metode pengumpulan data teknik Purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis linear berganda dan pengujian hipotesis uji T dan uji F. Pada pembahasan pertama pembelajaran akuntansi keuangan berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku keuangan karena nilai diperoleh sebesar 0,000 dibandingkan dengan α 0,05 diperoleh hasil 0,000 < α 0,05 dan nilai thitung = 17,199 > ttabel = 1,970, literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan karena nilai diperoleh sebesar 0,549 dibandingkan dengan α 0,05 diperoleh hasil 0,549 > α 0,05 dan nilai thitung = -0,600 < ttabel = 1,970, pendapatan berpengaruh terhadap perilaku keuangan karena nilai diperoleh sebesar 0,000 dibandingkan dengan α 0,05 diperoleh hasil 0,000 < α 0,05 dan nilai thitung = 7,488 > ttabel = 1,970. Hasil dari Pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan (X1), literasi keuangan (X2), dan pendapatan (X3) berpengaruh terhadap perilaku keuangan (Y) hal ini dapat di lihat nilai Fhitung 341,151 > 2,64 Ftabel dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama variabel independen mempengaruhi variabel dependen dan sedangkan R2 squarenya didapat yaitu sebesar 81,8% atau dengan kata lain variabel independen yang digunakan dalam model (pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan dan pendapatan) mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 81,8% sedangkan sisanyanya 18,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan ke dalam model penelitian ini. Kata Kunci : Pembelajaran Akuntansi Keungan, Literasi keuangan, dan pendapatan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akuntansi Keungan, Literasi keuangan, dan pendapatan
Subjects: Q Science > Akuntansi
H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Q Science > Akuntansi
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2024 09:10
Last Modified: 14 Aug 2024 09:10
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item