Mersi, Julita (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQURAN SISWA MELALUI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALANGKI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS 2024 Mersi Julita tanpa bahasa inggris.pdf Download (4MB) |
Abstract
Peran seorang guru sangatlah penting terhadap iklim belajar dan pemikiran peserta didik yang diciptakan pengajar. Guru adalah pendidik yang menjadi panutan dan identifikasi bagi peserta didiknya dan lingkungannya, sehingga guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri dan disiplin. Al-Qur’an adalah kalam Allah, dimana menghafalkannya adalah aktifitas yang paling besar nilainya. Maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan Alquran siswa melalui program Tahfidzul qur’an di Sekolah Dasar Negeri 1 Palangki, kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan Alquran siswa melalui program Tahfidzul qur’an di Sekolah Dasar Negeri 1 Palangki, dan solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi kendala program Tahfidzul qur’an di Sekolah Dasar Negeri 1 Palangki. Adapum metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan informan kunci adalah peneliti sendiri, serta beberapa informan lainnya, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tiga tahap yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukan bahwa guru dalam perencanaan program tahfidz al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri 1 Palangki Kabupaten Sijunjung sudah sesuai dengan tahapan-tahapan program tahfidz al-Qur’an, yang disusun melalui tahapan menetapkan program yang akan dilaksanakan, menentukan indikator keberhasilan program tahfidz al-Qur’an dan jadwal kegiatan program tahfidz al-Qur’an pada hari Senin dan Sabtu, Kendala dan problem dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri 1 Palangki Kabupaten Sijunjung yaitu faktor waktu, kurang melakukan muroja’ah, kurang menggunakan media dan sumber belajar, faktor peserta didik seperti belum mengetahui cara menghafal yang baik dan benar, tidak bisa mengatur waktu ketika menghafal di rumah, kurang lancar dalam membaca Al- Qur’an, sifat malas yang ada pada siswa, faktor tenaga pendidik, faktor lingkungan dan menggiatkan siswa untuk melakukan muroja’ah khususnya pada awal jam pelajaran, memanfaatkan media yang ada, menambah fasilitas belajar seperti laboratorium bahasa, menambah jumlah dan kualitastenaga pendidik. Kata Kunci: Guru, Pendidikan Agama Islam, Tahfidzul Qur’an
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pendidikan Agama Islam, Tahfidzul Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 03:51 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 03:51 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2928 |
Actions (login required)
View Item |