PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SD NEGERI 9 KOTO TUO KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG

Efni, Merwita (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SD NEGERI 9 KOTO TUO KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Tesis Marwita OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan peserta didik atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini bukan hanya sekedar penyampaian materi pembelajaran melainkan penanaman sikap dan keaktifan pada peserta didik yang sedang belajar. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI terhadap Hasil Belajar di SD Negeri 9 Koto Tuo Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI terhadap Hasil Belajar di SD Negeri 9 Koto Tuo Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Adapum metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yaitu mendeskripsikan data apa adanya dan menganalisis data angket siswa dengan kalimat-kalimat penjelasan secara kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 9 Koto Tuo. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi dan angket dengan analisis data dari hasil kuisioner atau angket penulis menggunakan teknik sebagai berikut: editing, skoring dan menarik kesimpulan. Hasil menunjukan bahwa motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 9 Koto Tuo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang diperoleh melalui penyebaran angket sebanyak 15 item kepada 33 orang responden. Adapun hasil angket adalah Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa siswa menjawab sangat setuju (SS) dan setuju (S) dengan persentase 88% sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar PAI pada siswa SDN 9 Koto Tuo dapat dilihat dari mencatat hal penting pembelajaran PAI mendapat nilai dalam hal ini kategorinya adalah tinggi, motivasi memiliki proporsi pengaruh terhadap hasil belajar PAI sebesar 13,1% sedangkan sisanya 86,9 % (100 %-13,1%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam model regresi linier dan Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar PAI di SDN 9 Koto Tuo Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, karena hasil menunjukan bahwa variabel motivasi diperoleh harga t = 2,414 < t tabel 1,695 dan harga p sebesar 0,022. Nilai p jauh lebih kecil dari taraf signifikansi (α) = 0,05 yang digunakan. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (HI) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar PAI di SDN 9 Koto Tuo kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Kata Kunci: Motivasi Belajar, PAI, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, PAI, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:06
Last Modified: 29 Aug 2024 07:06
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item View Item