PENGARUH MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 16 KOTO TUO

Ridhatil, Hidayah (2024) PENGARUH MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 16 KOTO TUO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Tesis Ridhatil Hidayah UMSB 2024[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 16 Koto Tuo. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI )di SDN 16 Koto Tuo, Sawahlunto. Media pembelajaran yang menarik dan interaktif, seperti Teka-teki Silang memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, belum banyak penelitian yang secara khusus mengukur sejauh mana pengaruh TTS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam konteks pendidikan agama. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengisi kesenjangan tersebut dan memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, tes, dan kuisioner / angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Validitas dan normalitas dengan metode analisis data menggunakan rumus product moment dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket yang disebar kepada 30 orang peserta didik bahwa media teka-teki silang memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Nilai rhitung sebesar 0.759 lebih besar dari rtabel sebesar 0.355, menunjukkan adanya pengaruh positif. Media TTS juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rhitung sebesar 0.685 yang juga lebih besar dari rtabel sebesar 0.355. Selain itu, Media TTS juga berpengaruh signifikan terhadap Motivasi dan hasil belajar siswa dengan nilai rhitung sebesar 0.498 yang juga lebih besar dari rtabel sebesar 0.355 Hasil analisis menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Uji determinasi menunjukkan bahwa media teka-teki silang (TTS) memiliki pengaruh sebesar 46.7% terhadap motivasi belajar, sementara sisanya 53.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulannya, penggunaan media teka-teki silang (TTS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Kata Kunci: Media Teka-Teki Silang (TTS), Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Teka-Teki Silang (TTS), Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:50
Last Modified: 02 Sep 2024 03:50
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item