PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 26 TALAMAU

Fitria, Yunanda (2024) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 26 TALAMAU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
RIA SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari fenomena yang peneliti temukan di SD Negeri 26 Talamau bahwa, kompetensi mengajar guru kurang bervariasi, kompetensi menjelaskan guru kurang maksimal, guru kurang memberikan penguatan kepada peserta didik, minat belajar peserta didik tinggi, berdasarkan fenomena tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian sejauh mana pengaruh kompetensi guru terhaap minat belajar peserta didik di SD Negeri 26 Talamau. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah gambaran kompetensi guru di SD Negeri 26 Talamau, Bagaimanakah gambaran minat belajar peserta didik di SD Negeri 26 Talamau dan Apakah ada pengaruh kompetensi guru terhadap minat belajar peserta didik SD Negeri 26 Talamau. Tujuan penelitian iini adalah untuk mengetahui: Gambaran kompetensi guru di SD Negeri 26 Talamau, Gambaran minat belajar peserta didik di SD Negeri 26 Talamau dan Pengaruh kompetensi guru terhadap minat belajar peserta didik SD Negeri 26 Talamau. Penelitian ini menggunakan metode kuatitatif dengan jenis korelasional, yaitu menghubungkan dua variable antara kompetensi guru (X) dan minat belajar peserta didik (Y) dengan jumlah populasi 80 orang, penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan memakai seluruh populasi dijadikan sampel. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau penyebaran angket, analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi dengan menggunakan klasifikasi sangat baik, baik, kurang baik dan tidak baik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Gambaran kompetensi guru di SD Negeri 26 Talamau dikategorikan kepada klasifikasi baik dengan persentase 36,6%, (2) gambaran minat belajar peserta didik di SD Negeri 26 Talamau dikategorikan kepada klasifikasi baiki dengan persentase 46,6%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap minat belajar pesera didik di SD Negeri 26 Talamau dengan persentase 87,7%. Saran kepada: (1) guru, hendaknya lebih memperhatikan aspek-aspek kompetensi guru kususnya kompetensi dalam memberikan penguatan dan variasi dalam menggunakan media pembelajaran, (2) peserta didik, untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan minat belajarnya, (3) kepala sekolah, memberikan kesempatan kepada guru untuk melakukan pelatihan-pelatihan terkait dengan kompetensi guru. Kata kunci: Kompetensi Guru, Minat Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Minat Belajar Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:40
Last Modified: 06 Sep 2024 07:40
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2967

Actions (login required)

View Item View Item