Melsa, Yunita (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 17 SUNGAI AUR PASAMAN BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
proposal_skripsi_melsa_yunita_PERBAIKI-FINIS[1][1]_fix.._(1)_(3)_EDIT_11.7[1].pdf Download (7MB) |
Abstract
Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan yang memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam membentuk, membina, membangun, dan mengarahkan peserta didik. Namun demikian tidak sepenuhnya dapat memenuhi harapan, fenomena itu ditandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang kurang baik, di lembaga pendidikan itu sendiri sering terjadi berbagai masalah tentang pendidikan dimana terdapat peserta didik yang melanggar peraturan sekolah seperti bertutur kata yang kurang baik atau melakukan kenakalan dan tingkah laku yang kurang baik, dan sebagainya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana metode guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di Sekolah Dasar Negeri(SDN) 17 Sungai Aur Pasaman Barat, bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang Tempat dan waktu penelitiannya yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Aur Pasaman Barat,dengan informan penelitian melalui fokus penelitian, pelaksanaan dan instrument penelitian, Data didapat melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa akhlak peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Aur Pasaman Barat Dimana yang sudah dibuktikan dengan peserta didik yang melaksanakan sholat berjamaah, bertegur sapa, dan saling menghargai teman. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Aur Pasaman Barat dilakukan melalui adanya teladan, nasihat dan pembiasaan. Faktor pendorong dalam membina akhlak peserta didik yaitu guru yang bertanggung jawab dalam membina peserta didik, organisasi, komunikasi dengan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambat kurangnya kerja sama dengan orangtua peserta didik, dan ditambah dengan tidak semua guru yang terlibat dalam proses pembinaan. Kata kunci: Upaya, Guru, Pendidikan Agama Islam, Sekolah
Actions (login required)
View Item |