PENGARUH METODE INTIQOIYYAH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 PADANG

M. Rizky, Okta Rizalty (2024) PENGARUH METODE INTIQOIYYAH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
skripsi_Rizki_Okta_(1)[1][1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi siswa kelas XI IPS masih kesulitan dalam memahami pembelajaran bahasa Arab, serta kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Arab, oleh karena itu siswa merasa proses pembelajaran bahasa Arab kurang menarik dan sulit untuk di pahami, dan metode yang digunakan saat pembelajaran kurang menarik dan bersifat mononton. Dan adapun tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Arab siswa tanpa metode intiqoiyyah, dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Arab siswa menggunakan metode intiqoiyyah kemudian untuk mengetahui pengaruh metode intiqoiyyah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan komparatif menggunakan pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan metode intiqoiyyah sebagai obyek penelitian pada siswa kelas XI IPS sebanyak 23 siswa sebagai subyek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji Signifikansi, uji T, uji F. Hipotesis penelitian ini dapat dilihat dari uji T hitung bernilai 6,508 lebih besar dari uji T table yang bernilai 2,079. Hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Padang tanpa menggunakan metode intiqoiyyah mendapatkan nilai 118 dari soal pretest. Penerapan metode intiqoiyyah dalam hasil belajar bahasa Arab siswa di kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Padang mendapatkan hasil lebih baik, dengan hasil nilai 191 soal posttest. Hal ini dapat dikatakan berhasil dilihat dari hasil belajar peserta didik yang mendapatkan skor lebih tinggi dari nilai sebelumnya. Metode intiqoiyyah memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui metode intiqoiyyah ini, siswa mengalami peningkatan positif saat melaksakan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode intiqoiyyah Kata Kunci: Metode Eklektik, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Eklektik, Hasil Belajar.
Subjects: D History General and Old World > Pendidikan Bahasa Arab
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Pendidikan Bahasa Arab
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:51
Last Modified: 11 Sep 2024 07:51
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2973

Actions (login required)

View Item View Item