PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 KAPUR IX KAB. 50 KOTA

Jayes, Santoso (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 KAPUR IX KAB. 50 KOTA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI FINISH (JAYES SANTOSO) (100%).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini terdapat permasalahan diantaranya (1) Rendahnya respon siswa terhadap penjelasan guru (2) Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi (3) Siswa kurang aktif, sibuk sendiri, bosan, dan mengantuk selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif di SMPN 2 Kapur IX (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kapur IX (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kapur IX. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan pospositivist. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Kapur IX yang beralamat di Jorong Sialang Bawah, Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX Kab. 50 Kota. Penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan responden berjumlah 36 orang dari siswa di SMPN 2 Kapur IX. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket dan dokumentasi dan analisis data dengan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif di SMPN 2 Kapur IX tergolong baik dengan rata-rata cukup baik hal ini dibuktikan dengan rata-rata 89,42 pada interval 87-92. (2). Juga terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kapur IX tergolong juga baik dengan rata- rata cukup baik dibuktikan dengan rata-rata 81,85 pada interval 81-85, dan (3). Adanya pengaruh signifikan penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di di SMPN 2 Kapur IX dengan pengaruh sebesar 62,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci : Penggunaan Multimedia Interaktif, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Multimedia Interaktif, Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:51
Last Modified: 12 Sep 2024 08:51
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2987

Actions (login required)

View Item View Item