Dewi Patima, Rambe (2022) TEKNIK PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII.11 MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN SUMATERA THAWALIB PARABEK BUKITTINGGI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
skripsi dewi patima rambe.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah teknik yang digunakan guru bahasa Arab dalam mealaksanakan pembelajaran bahasa Arab ( mufradat ), guna untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab santriwati, serta apa implikasi dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implikasi dari teknik pembelajaran di kelas VII.11 MTS Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja implikasi dari teknik yang digunakan oleh guru bahasa Arab dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh santriwati maupun guru ketika proses belajar mengajar mufradat. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, dengan sumber data yang di dapatkan dari observasi dan wawancara terhada guru bahasa Arab, santriwati dan wali kelas di kelas VII.11 MTS Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Data diambil menggunakan teknik wawancara semi struktur yang berpatokan pada pedoman wawancara, dan wawancara mendalam serta dokumentasi berupa gambar. Untuk menganalisis hasil ini penulis menggunakan tahapan reduksi informasi dan penyajian informasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik pembelajaran mufradat dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab sudah bagus. Teknik pembelajaran mufradat yang digunakan para guru di kelas VII.11 MTS adalah pertama dimulai dengan menggunakan media ceramah, media gambar, dan dilanjutkan dengan teknik menghafal dan teknik dikte. Keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII.11 MTS di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek masih terbilang lemah. Dengan adanya teknik pembelajaran bahasa Arab di kelas VII.11 MTS sangat berpengaruh dengan hasil belajar mereka. Faktor pendukung dalam implikasi teknik pembelajaran mufradat dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VII.11 MTS adalah adanya dukungan penuh yang diberikan oleh pihak madrasah dan guru. Selain itu santriwati cukup antusias dalam penghafalan mufradat. Ada beberapa faktor yang menjadi penghambat dari implikasi teknik pembelajaran mufradat dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VII.11 MTS adalah : Faktor tempat tinggal (asrama), dimana para santriwati tidak ditekankan untuk berkomuikasi dengan menggunakan bahasa Arab dalam sehari-hari. Faktor dari para santriwati tidak memiliki kamus bahasa Arab. Kata Kunci : Teknik pembelajaran mufradat, meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab
Actions (login required)
View Item |