Sonya Liana, Zen (2019) PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MENCERITAKAN PENGALAMAN YANG MENGESANKAN DENGAN TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
LENGKAP SKRIPSI pdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu langkanya penggunaan pendekatan dalam pembelajaran dan minimnya penggunaan sumber serta alat pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran bercerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode Talking Stick. Metode Talking Stick ini adalah suatu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk bercerita dengan mengunakan pilihan kata, lafal, intonasi, tekanan yang tepat, juga untuk menjadikan diri ahli sehingga mereka dapat menjelaskan materi yang mereka bahas dalam pembelajaran, sehingga dalam pembelajaran siswa berperan aktif dan guru berperan sebagai fasilitator. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan bentuk penilaian belajar siswa dengan menggunakan metode Talking Stick dalam pembelajaran bercerita. Jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MIN 1 Kota Padang, dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan tahun ajaran 2018/2019, penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus kesiklus. Dimana hasil RPP siklus I pertemuan I dengan rata-rata 70% dan siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 77,5%, pada siklus II pertemuan I dengan rata-rata 85% siklus II pertemuan II dengan nilai rata-rata 90%, dari aspek guru pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 72,22% siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 83,33%, dan pada siklus II pertemuan I dengan rata-rata 88,8% dan siklus II dengan rata-rata 97,22%. Dari aspek siswa pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 69,44% siklus I pertemuan II dengan rata-rata 83,33%, siklus II pertemuan I dengan rata-rata 86,11% siklus II pertemuan II dengan rata-rata 97,22%. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa menggunakan metode Talking Stick pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 74,85% siklus I pertemuan II dengan rata-rata 78,5%, sedangkan siklus II pertemuan I dengan rata-rata 80,8% dan siklus II pertemuan II dengan rata-rata 84,33%. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Actions (login required)
View Item |