FAKTOR RELIGIUISITAS DAN KUALITAS LEMBAGA PENDIDIKAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI ORANG TUA PESERTA DIDIK (STUDI DI SMP ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH) KABUPATEN PASAMAN BARAT

Rismalaini, Rismalaini (2020) FAKTOR RELIGIUISITAS DAN KUALITAS LEMBAGA PENDIDIKAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI ORANG TUA PESERTA DIDIK (STUDI DI SMP ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH) KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
RISMALAINI.pdf

Download (377MB)

Abstract

Latar belakang dari tesis ini adalah pada kenyataannya masyarakat lebih memilih sekolah berlabel Islam Terpadu (IT) dari pada berlabel madrasah. Sementara muatan pelajaran agama yang terdapat pada sekolah Islam terpadu dengan madrasah adalah sama. Saat ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan semakin meningkat, hal ini terlihat pada keinginan masyarakat dalam memilih serta menentukan sekolah yang baik untuk anaknya, mereka berusaha menyekolahkan anak setingi-tingginya dan memilih pendidikan yang tepat untuk anaknya. Masyarakat termotivasi menyekolahkan anaknya ke SMP IT Darul Hikmah sebagai salah satu instansi yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal konvensional dengan sebaran mata pelajaran umum, melainkan juga diperkaya dengan mata pelajaran keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban: (1) Motivasi menyekolahkan anak di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat (2) Faktor religiusitasyang berdampak terhadap motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat (3) Implikasi kualitas lembaga pendidikan Islam Terpadu terhadap motivasi orang tua peserta didik, Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menerapkan teknik trianggulasi untuk pengecekan keabsahan data penelitian ini, maka peneliti telah menemukan hasil penelitian sebagai berikut: (1) adapun motivasi orang tua peserta didik dalam menyekolahkan anaknya di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat dapat dibagi menjadi dua motivasi yaitu motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik; (2) implikasi dari faktor religiusitas terhadap motivasi orang tua peserta didik yang menyekolahkan anaknya di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat antara lain: timbulnya moralitas atau perilaku positif pada diri siswa, aspek religiusitas siswa mulai semakin meningkat, siswa juga kemudian terlihat lebih beradab, dan semangat belajarnya menjadi lebih membaik; (3) faktor kualitas lembaga pendidikan menjadi salah satu pendukung masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat dimana banyak prestasi yang diraih oleh sekolah tersebut baik di bidang akademis maupun non akademis. Kata Kunci: Motivasi, Orang Tua, Kualitas, Lembaga Pendidikan, Sekolah Islam Terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Orang Tua, Kualitas, Lembaga Pendidikan, Sekolah Islam Terpadu.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:35
Last Modified: 17 Sep 2024 07:35
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2996

Actions (login required)

View Item View Item