STRATEGI PENDIDIK TAHFIZH AL-QURAN DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SD SEMEN PADANG

Ulfa, Rahmi (2020) STRATEGI PENDIDIK TAHFIZH AL-QURAN DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SD SEMEN PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS ULFA RAHMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang strategi guru tahfiz dalam memotivasi peserta didik menghafal al-Qur’an di SD Semen Padang, dimana siswa sekolah Umum dengan segala macam kesibukkan baik Intrakurikuler maupun Ekstrakurikuler namun mampu menghafal al-Qur’an 3 Juz bahkan lebih. Hal yang dibahas strategi guru tahfiz dalam memotivasi peserta didik menghafal al-Qur’an di SD Semen Padang adalah antara lain, pertama Strategi guru tahfiz dalam memotivasi peserta didik dari faktor sosial dalam menghafal al-Qur’an di SDSemen Padang, Kedua Strategi guru tahfiz dalam memotivasi peserta didik dari faktor non sosial dalam menghafal al-Qur’an di SDSemen Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menganalisis strategi guru tahfiz dalam memotivasi peserta didik menghafal al-Qur’an di SD Semen Padang. penelitian ini bersifat lapangan (Field risearch) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menghasilkan data secara deskripsi dari data tertulis dan lisan dari orang-orang atau prilaku yang diamati. penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk mengolah data yang terkumpul penulis menggunakan langkah- langkah sebagai berikut: mereduksi, mendisplay, menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, dan memindahkan, data mentah dari lapangan, kemudian merangkum hasilnya serta menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian yang penulis temukan: Pertama; strategi guru tahfiz dalam memotivasi peserta didik dari faktor sosial dalam menghafal al-Qur’an di SD Semen Padang lebih menitik beratkan kepada memotivasi dengan memberikan nasehat dan semangat untuk bisa enjadi yang terbaik saat wisuda tahfizh. Jadi dengan menghafal al-Qur’an bisa membuat orang tua bahagia. dan bangga di hadapan Allah dan dan pandangan manusia. Kedua: strategi guru tahfiz dalam memotivasi peserta didik dari faktor non sosial dalam menghafal al-Qur’an di SD Semen Padang pada mulanya memang di dorong oleh motivasi Ekstrensik karena aturan sekolah, karena takut nilai pelajaran tahfiz tidak keluar di rapor, karena takut berusan dengan guru kelas, dan sebagainya, namum selama proses tahfiz dijalani makin hari siswa makin sadar pentingnya menghafal al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:03
Last Modified: 17 Sep 2024 08:03
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2998

Actions (login required)

View Item View Item