PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN MODEL SQ3R PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 23 LOLONG KOTA PADANG

Sari, Selmedani (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN MODEL SQ3R PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 23 LOLONG KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI SARI SELMEDANI NIM 1706002014007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian berawal dari kenyataan di kelas IV SD Negeri 23 Lolong Kota Padang dalam pembelajaran sebagian peserta didik menganggap membaca merupakan kegiatan pembelajaran yang cenderung membuat bosan, jenuh dan malas untuk memahami isi bacaan itu sendiri, peserta didik kurang aktif karena menganggap membaca merupakan pembelajaran yang kurang menarik, lebih cenderung membuat keributan didalam kelas. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 23 Lolong Kota Padang, dengan jumlah peserta didik 17 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 9 perempuan tahun ajaran 2020/2021 penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dimana hasil RPP siklus I dengan rata-rata 83% (B), pada siklus II dengan nilai rata-rata 86% (SB), dari aspek guru pada siklus I dengan niali rata-rata 86% (SB), pada siklus II dengan rata-rata nilai 94% (SB), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata nilai 73% (C), pada siklus II dengan rata-rata nilai 94% (SB). Hasil belajar pada siklus hal ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata 66% (C), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83% (B), dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Membaca Pemahaman
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:21
Last Modified: 18 Sep 2024 03:21
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3009

Actions (login required)

View Item View Item