PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK KOMUNITAS MINORITAS DI SMA NEGERI 2 SIPORA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI PROVINSI SUMATERA BARAT

Siti Inayah, Nur Afzanah (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK KOMUNITAS MINORITAS DI SMA NEGERI 2 SIPORA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI PROVINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI INAYAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan minoritas tidak setara dengan yang mayoritas sehingga pelaksanaan pembelajaran minoritas kurang diperhatikan. SMA N 2 Sipora merupakan sekolah dengan jumlah siswa rata-rata beragama minoritas muslim sehingga kegiatan keagamaan sulit terlaksankan secara maksimal. Maka dari situlah peneliti ingin meneliti, bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam, pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk komunitas minoritas di SMA Negeri 2 Sipora apakah sama perlakuannya dengan sekolah mayoritas muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Sipora, mengetahui, pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Sipora, dan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Sipora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji triangulasi meliputi triangulasi sumber triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan, Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam guru mempersiapkan RPP, media pembelajaran, buku paket, serta multimedia. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dimulai dengan membaca doa, mengambil absen, review menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi sedangkan model pembelajaran berupa Halaqah dan Based Program Learning. Pada akhir pembelajaran pendidik memberikan tugas, kesimpulan materi dan ditutup dengan doa. Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi nilai harian, Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), dan ujian semester dalam bentuk objektif dan essay.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Komunitas Minoritas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:44
Last Modified: 18 Sep 2024 04:44
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item