Rina, Asyati (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEMA 6PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 BATIPUAH BARUAH TANAH DATAR. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
(1806002014005). RINA ASYATI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian berawal di kelas V SD Negeri 17 Batipuah Baruah. Guru kurang mengkontruksi pemikiran siswa dan kurang melibatkan siswa dalam menemukan konsep.Tujuan penelitian mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 17 Batipuah Baruah, penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini mengalami pening katan hasil RPP siklus I rata- rata 72,5% (C) siklus II rata-rata 86,25 (B), aspek guru siklus I nilai rata-rata 78,13 (B) siklus II nilai rata-rata 85,94 % (B), aspek siswa siklus I nilai rata-rata 78,12% (B) siklus II nilai rata-rata 85,94% (B),penilaian hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata - rata 69,79 % (C) dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,59% (B). Dapat disimpulkan penggunaan pendekatan Inquiry Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
View Item |