Ayuni, Maulidia (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDN O2 KARAN AUR KOTA PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS AYUNI MAULIDIA.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penulis menemukan adanya keunikan terkait implementasi kurikulum merdeka di sekolah tersebut yakni pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka yang dapat meningkatkan daya kreativitas peserta didik, dimana keterampilan dan budaya lokal yang menguatkan profil pancasila. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana tahapan perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan dalam pembelajaran serta evaluasi ketika sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan daya kreativitas peserta didik di SDN 02 Karan Aur Kota Pariaman dalam kurikulum merdeka. Bahwa penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena menjelaskan suatu fenomena sesuai dengan keadaan yang sebenarnya yang dialami oleh subjek penelitian, dalam penelitian ini mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum merdeka di SDN 02 Karan Aur Kota Pariaman, sesuai dengan keadaan sebenarnya yang dialami oleh subjek penelitian. Data yang diperoleh sebagai rujukan dalam mendeskripsikan kurikulum merdeka tersebut didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan peneliti sendiri sebagai instrumen kunci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahapan perencanaan pembelajaran, dari CP (Capaian Pembelajaran) itu di break down menjadi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) setelah dari ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) nantinya diturunkan lagi menjadi modul kalau dulu namanya RPP. Modul ini berisi kerangka dan rencana pembelajaran, terus ditambah lagi review dari materi, kemudian ada penugasan, penilaian. Kemudian pada implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam proses pelaksanaan pembelajaran yakni memerdekakan siswa, Kemudian untuk pelaksanannya dengan melihat materi di Platform Merdeka Mengajar dan sebagainya itu secara gambaran besarnya adalah intinya Guru harus memerdekakan siswa. Tahap terakhir yakni evaluasi ketika sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yaitu tidak hanya di akhir pembelajaran, akhir materi, akan tetapi di awal yang dulu namaya Pretest kalau sekarang namanya Assesment Diagnostik, yakni Guru perlu mengetahui terlebih dahulu kemampuan siswa sudah sejauh mana, apabila sudah ditahap mahir maka Guru tinggal memantau saja, sedangkan pada siswa yang masih kurang pemahaman maka akan review kembali. Imlementasi dari pelaksanaan merdeka belajar itu berdampak baik terhadap peningkatan daya kreativitas peserta didik, menjadikan pembelajaran pendidikan Agama Islam lebih menyenangkan, berkualitas dan bermakna, karena dengan pelaksanaan merdeka belajar peserta didik memiliki kemampuan berfikir kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat dan memiliki daya imajinasi yang tinggi. Kata kunci: Implementasi, Kurikulm Merdeka, Daya Kreativitas, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulm Merdeka, Daya Kreativitas, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:54 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3059 |
Actions (login required)
View Item |