UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS IV MIN 2 KOTA PARIAMAN

Winda, Lestari (2024) UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS IV MIN 2 KOTA PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
winda lestari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang di bentuk oleh Kemendikbudristek RI untuk menyesuaikan kurikulum sebelumnya. Kurikulum merdeka saat ini masih dalam tahap peninjauan keevektifan dalam penerapannya,artinya kurikulum merdeka belum menjadi kurikulum tetap. Al-Qur’an Hadits merupakan elemen pertama dalam Pendidikan Agama Islam yang telah dikelompokkan pada Capaian Pembelajaran. Penerapan kurikulum merdeka di MIN 2 Kota Pariaman diterapkan secara bertahap, sehingga penelitian ini sengaja dilakukan untuk melihat bagaimana upaya guru dalam menerpakan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Al-Qur;an Hadits di kelas IV MIN 2 Kota Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif,Tujuannya untuk menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi, dilakukan dengan tehnik pendekatan analisis deskriptif. Pada penelitian ini menggambarkan dan menguraikan kondisi yang sedang berlangsung berdasarkan fakta dan informasi yang diperoleh dari lapangan, kemudian dianalisis dengan mempertimbangkan hubungan antar variabel. Subjek utama pada penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadit di MIN 2 Kota Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapannya telah dilakukan secara bertahap dan ditemukan beberapa kendala seperti guru belum sepenuhnya memahami esensi dari kurikulum merdeka, guru masih belum memahami asesmen pembelajaran terutama pada asesmen diagnostik, guru masih mendominasi metode ceramah dalam pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah masih belum mencukupi. Namun terdapat beberapa faktor yang mendukung penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MIN 2 Kota Pariaman, yaitu; terdapat bahan ajar yang disediakan seperti buku tematik dan modul ajar, guru aktif dalam mengikuti pelatihan tentang pelaksanaan kurikulum merdeka. Kata Kunci: Upaya Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Al-Qur'an Hadits.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Al-Qur'an Hadits.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:20
Last Modified: 26 Sep 2024 03:20
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item