Abd. Hakim, Alhamid (2024) PENGARUH METODE MODELLING THE WAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 27 LIMAU ASAM PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI ALHAMID 20050018.pdf Download (3MB) |
Abstract
Modelling The Way merupakan metode pengajaran dengan memberikan skenario suatu sub bahasan untuk didemonstrasikan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Modelling The Way terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V di SDN 27 Limau Asam Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment Design (eksperimen semu). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas I sampai kelas VI SDN 27 Limau Asam Pesisir Selatan. Design penelitian menggunakan dua sampel kelompok yang berbeda, dipilih kelas VA sebagai kelompok eksperimen sebanyak 20 peserta didik dan kelas VB sebagai kelompok kontrol sebanyak 11 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan angket keterampilan berbicara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Modelling The Way tidak bernilai signifikan terhadap keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V SDN 27 Limau Asam Pesisir Selatan tahun pelajaran 2023/2024. Hasil yang diperoleh pada penelitian setelah dilakukan treatment adalah nilai signifikansi yang lebih dari 0,05 sehingga H0 diterima, berarti kemampuan berbicara kelas VA(eksperimen) tidak lebih baik dibandingkan dengan kelas VB(kontrol). Data yang diperoleh dari Hipotesis N-Gain kelas eksperimen Uji Wilcoxon yaitu Mean Rank 17,88 sehingga Sum of Ranks 357,50 serta N-Gain dari kelas kontrol Uji Wilcoxon yaitu Mean Rank 12,59 sehingga Sum of Rank 138,50 dan Asymp.Sig.(2-tailed) dari kedua kelas adalah 0,120. Kata kunci : Metode, Modelling The Way, Keterampilan Berbicara
Actions (login required)
View Item |