Nopita Sari, Yanti (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD SEKENAGARIAN LANGKI KECAMATAN TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
skripsi lengkap.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada SD Sekenagarian Langki Kecamatn Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung bahwa, media yang digunakan guru kurang bervariasi dalam proses pembelajaran, minat belajar peserta didik kurang dalam belajar ini ditandai banyak peserta didik keluar masuk dalam proses pembelajaran, keingintahuan peserta didik dalam belajar kurang ini terlihat saat proses pembelajaran tidak ada peserta didik yang ingin bertanya, motivasi belajar peserta didik rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah gambaran penggunaan media pada kelas V di SD Sekenagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, bagaimanakah gambaran motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Sekenagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, apakah terdapat hubungan penggunaan media dengan motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Sekenagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimakah gambaran penggunaan media kelas V di SD Sekenagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung bagaimanakah gambaran motivas belajari peserta didik kelas V di SD Sekenagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, apakah terdapat hubungan penggunaan media dengan motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Sekenagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, yaitu menghubungkan dua variabel antara penggunaan media (X) dan motivasi belajar peserta didik (Y), populasi berjumlah 34 orang, penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh maka peneliti menganalisa data tersebut dengan rumus persentase dan product moment. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) penggunaan media pada kelas V SD Sekenagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung tergolong baik (2) motivasi belajar peserta didik pada kelas V SD Sekcnagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung tergolong rendah (3) terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media dengan motivasi belajar peserta didik pada kelas V SD Sekenagarian Langki Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Saran peneliti setelah melakukan penelitian supaya guru dalam mengajar lebih menggunakan media yang bervariasi dan melibatkan peserta didik dalam pemakaian media untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Actions (login required)
View Item |