SALSABILLAH, SALSABILLAH (2024) HUBUNGAN PROMOSI KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSUD dr. ADNAAN WD PAYAKUMBUH TAHUN 2024. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH.
Text
21190020 Salsabillah.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Oleh: Salsabillah Hubungan Promosi Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2024 Promosi mempunyai peran penting untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya kesehatan dan pencegahan penyakit di rumah sakit. Promosi kesehatan mengacu pada upaya yang bersifat promotif, sebagai perpaduan dari upaya preventif, kuratif dan rehabilitative dalam upaya kesehatan yang komprehensif. Promosi kesehatan dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Kepuasan pasien membandingkan persepsinya terhadap layanan dan harapannya sebelum menggunakan layanan tersebut. Pasien akan puas jika kinerja melebihi harapan, dan tidak puas jika kinerja tidak memenuhi harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan promosi kesehatan terhadap kepuasan pasien di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2024. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini telah dilakukan di instalasi rawat jalan RSUD dr.Adnaan WD Payakumbuh pada tanggal 21-23 Agustus 2024, sebanyak 93 responden dilibatkan dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan uji Chi-Square, dengan p < 0,05 dianggap signifikan berdasarkan uji statistik. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa dari total 40 responden yang mengalami promosi kesehatan terdapat 21 pasien (22,6%) dengan kepuasan pasien kategori kurang baik dan dari 53 orang responden dengan promosi kesehatan kategori baik terdapat 42 orang (45,2%) pasien dengan kepuasan pasien kategori puas. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan promosi di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh sesuai dengan yang diharapkan, dimana hubungan signifikan berdasarkan uji statistik (p=0,003). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara promosi kesehatan terhadap kepuasan pasien di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2024. Sarannya agar dapat sumber informasi dan bahan masukan untuk meningkatkan promosi kesehatan sehingga menjadi lebih baik dan maksimal sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Promosi Kesehatan, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administrasi Rumah Sakit N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 04:03 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 04:03 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3111 |
Actions (login required)
View Item |