HUBUNGAN RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM MADINA BUKITTINGGI 2024

Widya, Astuti (2024) HUBUNGAN RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM MADINA BUKITTINGGI 2024. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
21190048 Widya Astuti.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Widya Astuti. Hubungan Responsitivitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi Tahun 2024. Pendahuluan:Kepuasan pasien merupakan keyakinan pasien terhadap pelayanan berdasarkan informasi diperoleh masih adanya pasien yang mengajukan komplain terhadap responsivitas pelayanan, tercatat untuk komplain yang sering terjadi mengani pelayanan. Komplain yang terjadi ialah service staff Rumah Sakit yang tidak ramah, petugas tidak memberikan informasi mengenai prosedur pengobatan atau perawatan secara jelas. Tujuan: Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan responsitivitas pelayanan publik terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi. Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 74 responden rawat jalan di Rumah Sakit Madina Bukittinggi. Penelitian dilakukan tanggal 15 April - 14 Mei 2024. Teknik Sampling yang digunakan yaitu metode accidental sampling, dengan analisis data univariat dan bivariat. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini, responsitivitas pelayanan public dari 74 responden terdapat pasien dilayani lambat 39 responden (52,7%) dan cepat 35 responden (47,3%). Sedangkan pada kepuasan pasien rawat jalan merasa kurang puas 38 responden (51,4%) dan merasa puas 36 responden dengan persentase 48,6%. Dan hubungan antara kepuasan pasien rawat jalan terhadap responsitivitas pelayanan publik diperoleh uji statistic chi square dengan P – value = 0,010 sehingga secara statistic adanya hubungan kepuasan pasien rawat jalan terhadap responsitivitas pelayanan public. Kesimpulan: Disimpulkan bahwa lebih dari separoh mengatakan bahwa responsitivitas pelayanan publik dan kepuasan pasien rawat dalam pelayanan yang lambat dan terdapat hubungan antara responsitivitas pelayanan publik terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Saran: saran peneliti untuk rumah sakit yaitu mengevaluasi kembali responsitivitas pelayanan publik dan kepuasan pasien rawat jalan agar dapat meningkatkan kepuasan pasien yang berobat ke rumah sakit tersebut. Kata Kunci: Responsivitas Pelayanan Publik, Kepuasan Pasien Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2024 08:57
Last Modified: 04 Oct 2024 08:57
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3137

Actions (login required)

View Item View Item