PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM PADA UNIT RAWAT JALAN DI RSI IBNU SINA PADANG PANJANG TAHUN 2024

Tiara, Rahmadika (2024) PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM PADA UNIT RAWAT JALAN DI RSI IBNU SINA PADANG PANJANG TAHUN 2024. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
21190051 Tiara Rahmadika.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tiara Rahmadika Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Umum Pada Unit Rawat Jalan di RSI Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2024 Minat kunjungan ulang merupakan keinginan pasien untuk terus menggunakan pelayanan yang sama untuk kedepannya. Turun naiknnya kunjungan ulang pasien umum di RSI Ibnu Sina Padang Panjang dalam kurun wakru 3 tahun terakhir ini dapat disebabkan karena kurang terpenuhinya harapan pasien terhadap layanan kesehatan sehingga pasien membutuhkan pertimbangan ulang untuk tetap menggunakan layanan RSI Ibnu Sina Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien terhadap minat kunjungan ulang pasien umum pada unit rawat jalan di RSI Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kolerasi dengan pendekatan kuantitatif. Waktu penelitian dilakukan selama 25 Juli - 15 Agustus 2024. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat yang menggunakan uji chi-square dengan melibatkan 90 responden sebagai sampel dengan kriteria pasien umum rawat jalan yang didapatkan dengan menggunakan rumus slovin. Data diambil dengan cara penyebaran kuisioner dengan skala likert. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kepuasan pasien dan minat kunjungan pasien umum masih rendah. Pengaruh kepuasan pasien terhadap minat kunjungan ulang pasien umum didapatkan nilai P value = 0,000 < a = 0,005, yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil ini membuktikan bahwa kepuasan pasien mempengaruhi minat kunjungan pasien umum pada unit rawat jalan di RSI Ibnu Sina Padang Panjang. Kesimpulan penelitian ini ialah kepuasan pasien mempengaruhi minat kunjungan ulang, dengan demikian implikasi atau temuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan minat kunjungan ulang pasien, maka rumah sakit harus mencapai kepuasan pasien dengan memenuhi harapan pasien terkait pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Minat Kunjungan Ulang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2024 02:23
Last Modified: 05 Oct 2024 02:23
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item